Rabu, 30 Juni 2010

Perahu kertas

29 Juni 2010

Judul buku : Perahu kertas
Pengarang : Dewi Dee Lestari
Penerbit : Bentang Pustaka
Tahun terbit : 2009
Halaman : 444
Harga : Rp 69.000,00









Dibandingkan menikmati alur ceritanya, baca novel ini gw lebih ngerasa dejavu.

Entah gw yang sedang kelewat sensitif atau emang gw nya yang hobi banget nyambung-nyambungin satu peristiwa ke peristiwa lain (hehehe :P), buku ini seolah mengingatkan gw dengan hal-hal konyol yang pernah gw lakukan beberapa waktu lalu. Intinya, gw merasa tersindir.

Mulai dari sifat nekat melakukan apa saja demi orang yang disayangi, pernah nyaris mengungkapkan perasaan terlebih dahulu ke cowok (jaman jahiliah lw abis ya Tuth? Hahaha :P), dan sempet kena penyakit pesimis kronis sampai akhirnya ada orang yang berbaik hati ngebentak lw untuk ngebangunin lw, seolah kayak dirangkum semua di novel ini.

Tapi diantara sekian banyak dejavu yang gw rasakan dalam novel ini, ada satu kalimat yang bener-bener nyentil gw banget, yang cukup membuat gw trauma untuk melakukan hal konyol itu lagi.
"Jadi.. kamu ingin menjadi sesuatu yang bukan diri kamu dulu, untuk akhirnya menjadi diri kamu yang asli, begitu?"
Ya. Dulu gw pernah mencoba melakukan sesuatu yang berbeda. Gw ingin berubah. Berubah jadi seseorang (baca:wanita) yang lebih baik. Tapi sayangnya, saat proses perubahan itu terjadi, gw masih belum paham batasan antara berubah demi diri sendiri dan karena Allah, dengan batasan berubah karena orang lain dan demi orang lain. Buat gw saat itu, batasan itu gak jelas. Kabur. Abstrak. Sampai akhirnya gw malah keluar dari diri gw sendiri dan gak nyaman dengan perubahan itu (walaupun yang namanya perubahan pasti diawali dengan ketidaknyamanan)

Sampai pada akhirnya, ada orang baik (lagi) yang mengingatkan gw akan satu hal yang kata-katanya selalu gw pegang sampai saat ini.
Orang baik : Lw gak akan pernah bisa jadi Aisyah, Tuth. Karena Tuti adalah Tuti :)
*Ya Allah, terima kasih karena Engkau membiarkan hamba dikelilingi oleh orang-orang baik :)

Alhamdulilah. Sejak saat itu, gw mulai mengerti satu hal. Dengan segala keabnormalan yang gw punya, dengan segala mimipi yang gw pegang, dengan segala tuntutan, amanah, dan tanggung jawab yang diberikan, dan dengan segala tekanan yang gak ada ujungnya, sampai saat ini gw masih dikasih kesempatan untuk bisa membuktikan bahwa gw masih bisa berusaha jadi seseorang yang lebih baik lagi, dengan cara gw sendiri. Karena Tuti adalah Tuti. Boleh khan? :D

6 komentar:

Anonim mengatakan...

masa ? keren dong novelnya. hha

lg gerilya baca n resensi ya ?

.bulanbiru. mengatakan...

perahu kertas itu... ceritanya emang unik :)

bersyukurlah menjadi seorang Tuti dan bukannya yang lain..

smangat adikku! ^^

Annisa Dwi Astuti mengatakan...

@anonim : masa apa nih? masa lalu? masa benda? masa benda? amuk masa? masa bodo? atau demi masa? (sakali :P)

keren banget sih enggak anonim, soalnya terlalu so sweet buat gw, hahaha :D

iya nih gerilya, dan mulai kehabisan stok :'( anonim punya stok bagus?

Annisa Dwi Astuti mengatakan...

@t'bulan biru : alhamdulilah :) iya teteh, bersyukur banget masih bisa jadi Tuti, nuhun pisan tetehkuuuu :D semangat juga untuk teteh bulanbiru! ;D

Anonim mengatakan...

d'masaif. hha maksa

Annisa Dwi Astuti mengatakan...

@anonim : maksa parah! :P