Selasa, 14 Agustus 2012

Daftar 100 Mimpi (Setelah Satu Tahun)


Dari hanya sebuah tugas Orientasi Kehidupan Kampus, selepas satu tahun sejak pertama kali dibuat, daftar di atas berubah banyak lebih dari sekadar nomor-nomor yang berharap mampu di ceklis di kemudian hari.

Daftar itu hanya gw miliki satu. Saat ini gw tempel di atas meja belajar di kostan gw. Tanpa copy-an dalam bentuk apapun. Dan hari ini, gw mencoba menuliskannya kembali. Mencoba menghitung berapa banyak yang ternyata mampu diceklis. Mencoba membaca ulang apa-apa yang pernah diimpikan seorang mahasiswa baru Fakultas Psikologi UI tahun lalu.

Semakin ke bawah, semakin senyum-senyumlah gw. Semakin geleng-gelenglah gw. Semakin merasa ada-ada saja mimpi yang gw tulis. Tapi, hey, saat menjadi maba gw berani loh menulis mimpi-mimpi itu. Seberani itu. Tanpa tahu, setahun berjalan, telah ada 15 tanda ceklis di belakang 15 nomor dalam daftar itu. Dan tentu saja, ada sebuah kesadaran penuh bahwa ada nomor-nomor yang di luar kendali gw untuk diceklis.
Rabb, semoga Engkau berkenan mencekliskannya untuk hamba.
Kawan, sungguh. Daftar di atas kini telah berubah banyak. Lebih dari sekadar sebuah tugas Orientasi Kehidupan Kampus. Lebih dari sekadar nomor-nomor yang berharap mampu di ceklis di kemudian hari. Dibalik setiap nomornya ada cerita. Ada pemahaman baru di nomor 2. Ada saudara baru di nomor 3 dan  4. Ada kemegahan di nomor 5. Ada belajar konsisten di nomor 7. Ada upaya memilih di nomor 8. Ada amanah bermula dari nomor 10. Ada keinginan untuk berdamai di nomor 14 dan 15. Ada meluruskan niat di nomor 19. Ada kenekatan di nomor 21. Ada pembelajaran di nomor 22. Ada lesatan di nomor 39. Ada mendengar di nomor 41. Ada keniscayaan di nomor 42. 

Dan selalu ada silaturahmi, di setiap nomornya :)

Hari ini, daftar 100 mimpi gw khusus ditulis ulang untuk permintaan seseorang. Seorang adik yang berencana untuk membuat sendiri daftar 100 mimpinya. Selamat merangkai 100 mimpimu, sayang. Bersiaplah untuk begitu banyak cerita dibalik setiap nomornya :) 

Oia, hati-hati, ya. Daftar 100 mimpi bersifat adiktif. Ketika kamu berhasil menceklis satu saja nomor dari daftarmu, nomor-nomor yang lain akan merengek manja minta diceklis :P

Jadi, ada yang mau membantu gw menceklis mimpi-mimpi selanjutnya? :D

***

Daftar 100 Mimpi

1. Menjadi seorang muslimah yang kaffah
2. IP dan IPK tingkat 1 cumlaude (√)
3. Keliling UI naik bikun (√)
4. Keliling UI naik spekun (√)
5.Shalat Tarawih di MUI (√)
6. Rutin mentoring di FUSI Psikologi UI
7. Mendapat beasiswa (√)
8. Ikut minimal 1 kepanitiaan di kampus (√)
9. Tulisan dimuat di harian nasional
10. Keliling UI jalan kaki (√)
11. Nilai TOEFL >500
12. Hafal juz 30
13. Membuat psotingan di blog 'Lihat Kampusku' (versi lengkap)
14. Berkunjung ke ITB (√)
15. Berkunjung ke Jalan Riau, Bandung (√)
16. Lancar mengendarai motor
17. Lancar mengendarai mobil
18. Punya penghasilan sendiri dari menulis
19. Nonton JGTC (√)
20. Melengkapi koleksi buku Andrea Hirata dan Tere Liye
21. Berkenalan dengan Mapres UI (√)
22. Berkenalan dengan Ketua BEM UI (√)
23. Cakap dalam pekerjaan ibu rumah tangga
24. Rutin menulis setiap hari
25. Lulus tahsin I
26. IP dan IPK 4
27. Ikut salah satu UKM di UI
28. Pengurus BEM Psikologi/UI
29. Mapres UI
30. Mapres Fakultas Psikologi UI
31. Berkunjung ke luar negri dengan tujuan akademis/ nonakademis
32. Blogger dengan follower >500
33. Mendapat beasiswa menulis
34. Menjadi pengajar freelance di NF
35. Mendapat beasiswa PPSDMS-NF
36. Mendapat keringanan BOP-B
37. Memiliki perpustakaan pribadi
38. Penulis tetap di sebuah harian nasional
39. Naik gunung (√)
40. Ikut aksi minimal 1 kali
41. Ikut seminar minimal 1 kali (√)
42. Narasumber materi di BLDK SMAN 1 Bogor (√)
43. Menjadi asisten dosen
44. Bisa bermain biola
45. Berkenalan dengan Najwa Shihab
46. Berkenalan dengan Tere Liye, Andrea Hirata, dan Ahmad Fuadi
47. Berkenalan dengan Rektor UI
48. Pergi ke Jepang
49. Hanami di bawah pohon sakura
50. Pakai Kimono
51. Lulus Psikologi UI kurang dari atau 4 tahun
52. Lulus dengan nilai cumlaude
53. Mendapat beasiswa S2/Profesi Psikologi di dalam/luar negri
54. Hafal juz 29
55. Responden sebuah media nasional
56. Fasih berbahasa Inggris
57. Fasih berbahasa Jepang
58. Lulus Tahsin II
59. Bekerja di bagian HRD sebuah perusahaan
60. Mengajar anak jalanan
61. Pengajar BIP NF
62. Mengirin uang ke orangtua tiap bulan
63. Membiayai orangtua haji/umroh
64. Handal memasak
65. Handal membuat kue
66. Bisa berenang
67. Berkunjung ke Bali
68. Berkunjung ke Lombok
69. Mencoba snorkling
70. Mencoba diving
71. Mempunyai taman baca untuk umum
72. Punya rumah hasil keringat sendiri
73. Punya rumah yang memiliki ruangan untuk memandangi bintang secara langsung
74. Inisiator gerakan 'Indonesia Bebas Buta Huruf'
75. Menjadi penulis profesional
76. Dosen Psikologi UI
77. Dekan Fakultas Psikologi UI
78. Mempunyai lembaga psikologi sendiri
79. Menikah dengan laki-laki sholeh, mapan, dan tampan
80. Sudah menghasilkan minimal 1 buku
81. Punya keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rohmah
82. Menunaikan ibadah haji
83. Ziarah ke makam Rasullulah
84. Hafal juz 28
85. Berkunjung ke UGM
86. Berkunjung ke 5 PTN terbaik di Indonesia
87. Orang pertama yang mengajarkan anak baca tulis
88. Orang pertama yang mengajarkan anak baca Al-Quran
89. Punya kafetaria khusus keluarga besar OSIS SMAN 1 Bogor
90. Punya jadwal khusus untuk menemani anak mengerjakan PR
91. 'Kembali' membangun SD
92. 'Kembali' membangun SMP
93. 'Kembali' membangun SMA
94. Punya yayasan penidikan
95. Berkunjung keliling Indonesia
96. Berkunjung keliling dunia
97. Masuk Kick Andy
98. Kembali pada-Nya dalam keadaan menuntut ilmu-Nya dan mengingat nama-Nya
99. Kembali pada-Nya dalam keadaan khusnul khotimah
100. Masuk surga-Nya

7 komentar:

Hastin Melur Maharti mengatakan...

ya Allah teh mimpi ke 79 nya amin banget ya hahaha dan mimpi yang sama juga untuk no 97. doakan aku juga ya teh :)

Syakira Rahma mengatakan...

Teteeh, 100 mimpinya banyak banget banget yang sama kayak punya saya teeeh, dengan notabene 100 mimpi saya di buat ulang krn ilang pas okk dan telah direvisi 2x hehe. Btw amin ya teh smg tercapai semua, oiya yg mimpi no 6 mau dibantuin ga teh? hehe

Annisa Dwi Astuti mengatakan...

@hastin : hahaha, iya hastin, mimpi paling amin- se amin - aminnya :P walaah, no 97 juga sama ya sayang? ayo kita semangat hastin! :D

@syaki : seriously syak? waaah, saling mengamini ya sayaaang :D amin amin, terima kasih doanya :) no 6? sumpah mau banget syak!

Ashar Fuadi mengatakan...

Subhanallah tuth, daftar mimpinya bikin gw terharu deh haha. hafalan jus <= 30 nya diprioritaskan yaa :D :')

Syakira Rahma mengatakan...

okeeh insyaallah ya teeh nanti dicariin hehe

Vitha Adinda Gusti Ayu Ketut mengatakan...

Nanti aku bantu checklist mimpi no 67 ya teh :)

Annisa Dwi Astuti mengatakan...

@ashar : :') sar, makasih udah diingetin, insya allah sar :')

@syaki : hatur nuhun sayang :D

@dinda : aaaaaaa, makasih banyak dinda :')