Rabu, 30 November 2011

Nomor 22

Debat dan Eksplorasi Kandidat Ketua BEM UI 2012.
 
Ba'da Magrib, kemarin.
Di Kantin Lama, Fakultas Psikologi UI.
Acy : Teh, Teh! Liat kebelakang Teh! A'Maman, Teh! A'Maman! (sambil menarik tangan gw)
Gw : Serius lw, Cy? Mana Cy? Mana? (mengedarkan pandangan ke sekitar)
Melihat sosok yang dimaksud.
Gw : Cy! Mimpi gw nomor 22, Cy! Mimpi gw nomor 22!
Acy : Ayo Teh kenalan sekarang! Ayo Teh! Biar mimpinya diceklis satu lagi.
Gw : Gw tiba-tiba deg-degan coba Cy. Hahaha. Gimana dong Cy? Malu gw. Masa tiba-tiba nodong buat kenalan. Siapa gw? Tuh khan. Lagian A'Maman lagi ngobrol sama banyak orang.
Acy : Ih, teh. Gapapa. Tunggu aja sampe lagi gak ngobrol sama orang.
Gw mondar-mandir gak jelas. Keliling-keliling memperhatikan kalau-kalau udah gak ada yang ngajak ngobrol A'Maman. Sampai akhirnya memutuskan duduk di sebelah Murai.
Gw : Rai, gimana dong? Kenalan gak ya gw? Malu nih gw.
Murai : Kenalan aja, Teh. Sekalian sama A'Ijonk nya. Tuh yang lagi disebelahnya pake baju Juventus.
Gw : Serius itu A'Ijonk? Gak tau ah, Rai. Deg-degan teu puguh coba gw.
Gw duduk manis di sebelah Murai sambil sesekali memerhatikan A'Maman yang tidak habis-habisnya disapa dan terlibat pembicaraan singkat dengan banyak orang. Bener-bener gak ada habisnya. Gw nyerah. Pertama, gw deg-degan gak jelas. Kedua, gw mau ngomong apa nanti? Ketiga, bahkan sampai gw menyatakan gw menyerah, A'Maman masih saja terlibat pembicaraan dengan banyak orang. Kali ini, A'Maman lagi ngobrol dengan Kabid Kastrat gw, Kak Nikki.

Hari lewat di depan gw yang masih duduk manis dengan muka yang gak manis.
Hari : Tuth, naik ke atas lagi, yuk. Lanjutin tugas.
Gw naik ke atas, ke SC (Student Center). Melanjutkan tugas pakom (papan komunikasi) sebagai tugas magang Kastrat. Saat lagi motong kertas warna sama Hari, tiba-tiba gw teringat sesuatu.

Gw nyerah? Tentu saja tidak!
Gw : Ri, gw ke bawah bentar dulu boleh ya? Gw mau menceklis salah satu mimpi gw nih, Ri. Tapi takut.
Hari : Mimpi apa emangnya?
Gw : Gw mau kenalan sama ketua BEM UI, Ri dan A'Maman lagi ada di bawah. Tapi deg-degan coba gw. Gimana dong?
Hari : Mending ke bawah dulu aja.
Gw : Gapapa ya gw ke bawah dulu? Doakan gw, Ri! (melesat turun dari SC setengah berlari)
Dan ternyata? Momennya oke banget. A'Maman sedang tidak ngobrol dengan siapapun. Dan tiba-tiba gw pun terpikirkan sesuatu melihat kabid kastrat gw.
Gw : Kak Nikki! Kak Nikki!
Kak Nikki : Kenapa, Ti?
Gw : Kak, gw khan punya daftar 100 mimpi ya, Kak. Salah satunya gw pengen berkenalan dengan Ketua BEM UI. Kalau sekarang gw mau kenalan sama A'Maman, ganggu gak ya, Kak?
Kak Nikki : Ayo sini!
Gw : (dalam hati : berhasil! :D)
Gw mengekor Kak Nikki di belakang yang hendak menghampiri A'Maman. 
Kau tau kawan? Sumpah, muka dan senyum gw gak kontrol saat itu.
Kak Nikki : Man, gw punya anak magang Kastrat. Dia punya 100 mimpi yang salah satunya pengen kenalan sama Ketua BEM UI. Namanya Tuti.
Gw : Saya Tuti A, Psikologi 2011. (posisi menjabat tangan)
A'Maman : (mengatupkan kedua tangan sambil tersenyum santun) Maman.
A'Ijonk : (tersenyum santun menjabat tangan gw) Ijonk.
Kak Nikki pun pergi meninggalkan kami bertiga dengan kondisi gw yang masih berusaha menguasai diri.
Gw : Sebelumnya maaf banget A'Maman dan A'Ijonk, Tuti ganggu waktunya tiba-tiba minta kenalan. Jadi gini, A. Dulu khan waktu OKK ada tugas menulis 100 mimpi. Salah satu mimpi saya adalah kenalan dengan Ketua BEM UI, seklian juga deh sama Wakil Ketua BEM nya kalau sekarang :D Nah, awalnya saya mau minta bantuan 'kakak' saya untuk mewujudkannya, Teh Marista, Farmasi 2007, A'Maman kenal?
A'Maman : Marista? Oh iya saya kenal.
Gw : Tapi alhamdulilah bisa dibantu diwujudkan oleh Kak Nikki :D (sambil senyum yang menurut gw ketahuan banget gak kontrolnya)
A'Maman dan A'Ijonk : (tersenyum sambil tertawa kecil mendengar kata-kata dan tingkah gw)
Gw persepsikan ada dua kemungkinan yang menyebabkan A'Maman dan A'Ijonk tersenyum dan tertawa kecil. Pertama, terkesan karena mereka berdua masuk menjadi salah satu mimpi sederhana seorang mahasiswi baru yang lugu dan nekat. Kedua, mimpinya lucu juga ya? Apapun kemungkinannya, satu hal yang gw pastikan. Senyum dan tawa kecil mereka, santun, menghargai.
Gw : Nah, tujuan saya mau kenalan sama A'Maman dan A'Ijonk, saya cuma mau menanyakan satu pertanyaan. Boleh, A?
A'Maman : Silahkan.
Gw : Sejak kapan A'Maman dan A'Ijonk mulai memikirkan UI dan Indonesia?
A'Maman dan A'Ijonk : (tersenyum dan tertawa kecil, lagi)
A'Ijonk mulai bercerita.
Kemudian disusul A'Maman.

Jawaban sederhana yang menyenangkan :)
Gw : A'Maman dan A'Ijonk, makasih banyak ya a sudah bersedia menjawab (sambil mengatupkan dua telapak tangan). Silahkan dilanjutkan melihat Deboks (Debat dan Eksplorasi) nya, A.
A'Maman : Sama-sama Tuti. Sukses ya buat Tuti (sambil tersenyum, lagi)
A'Ijonk : Iya Tuti, sama-sama. (sambil tersenyum, juga)
Gw : Oh iya, buat A'Ijonk, saya suka sama puisi Senja Makara buatan A'Ijonk loh, A.
A'Ijonk : Iya? Waah, makasih ya, Tuti. Ngomong-ngomong, Tuti asalnya dari mana?
Gw : Dari Bogor, A.
A'Ijonk : SMA nya?
Gw : SMAN 1 Bogor.
A'Ijonk : Oooh, SMAN 1 Bogor, ya? Pantesan.
Gw : A'Ijonk tau SMA saya?
A'Ijonk : Saya tau Tuti. SMAN 1 Bogor khan bagus.
Gw : Waah, alhamdulilah, amiin A, amiin. Sekali lagi makasih banyak ya, A'Ijonk.
A'Ijonk : Sama-sama Tuti. Sukses ya buat Tuti!
Maksud hati hanya ingin mendengarkan sebuah jawaban. Tapi, menceklis mimpi yang satu ini malah mengingatkan gw bahwa ada nama baik yang masih harus gw jaga dan kibarkan, di sini,  dan di manapun gw berada nanti :) 

22. Berkenalan dengan Ketua BEM UI ( )
***
Kak Nikki : Ti, punya mimpi mau kenalan sama siapa lagi?
Gw : Mmmh, ada Kak! Mimpi nomor 45 gw, berkenalan dengan Najwa Sihab!
Kak Nikki : Gw ada tuh nomor manajer Najwa Sihab, nanti gw kasih ya.

2 komentar:

Wahyu mengatakan...

hehe menarik..di Psikologi sana ternyata ada yang masih polos dan jernih, yang begitu senangnya setelah berkenalan dengan Maman Ijonk.

Yup, selalu putih bersih ya! Bantu UI dan Indonesia kita..

:)

salam,

Wahyu Awaludin
teman Maman Ijonk

Annisa Dwi Astuti mengatakan...

@kak wahyu : ini beneran temennya a'maman dan a'ijong? waduuuh, saya jadi maluuuu >.< thanks for reading and visitting kak :) allahuma amiiin saya bisa jadi orang yang bermanfaat untuk UI dan Indonesia :)