Senin, 21 November 2011

Random 1 - Hectic Week Version

# Song For Camp 2011

 Song For Camp 2011

FYI : Song 4 Camp adalah acara tahunan Psikologi UI yang dilaksanakan menjelang Psycamp sebagai acara penggalangan dana untuk Psycamp itu sendiri. 

Setelah di SMA gw gak pernah sekalipun bertindak jadi sie.acara suatu kegiatan, acara Song For Camp malah menjadi kali kedua gw menjadi sie.acara selama berstatus menjadi mahasiswa.  Seneng bisa melihat apa-apa yang dimiliki oleh teman-teman senagkatan gw yang belum terlihat sebelumnya. Seneng bisa total menjalankan jobdesk saat hari-H mengingat gw ngerasa gak berbuat banyak saat persiapan dilaksanakan. Seneng karena bisa memposisikan badan dan pikiran gw dalam satu tempat  kamis kemarin :)

Tapi hal yang paling menyenangkan, untuk pertama kalinya, di penghujung acara Song For Camp, gw bisa melafalkan Yellguys dengan fasih dan lancar tanpa harus tercekat di tengah tenggorokan karena ngeblank akibat kata-kata dan hentakan kaki  Yellguys yang, sumpah, mirip parah dengan Iyel-Iyel OSIS :D


# Diklat Navigasi Darat Gandewa

Diklat Manajeman Perjalanan Gandewa
@Gunung Kencana, Puncak, Bogor, Jawa Barat

Kemarin gw baru pulang dari Diklat Lapangan 2 Navigasi Darat Calon Anggota  (Caang) Gandewa. FYI : Gandewa adalah Kelompok Pecinta Alam Fakultas Psikologi UI. Diklat kali ini diadakan di tempat yang sama dengan Diklat Manajemen Perjalanan lalu, Gunung Kencana, Puncak, Bogor, Jawa Barat. Hidup gw bulan ini kok gak jauh-jauh dari Puncak ya? Bedanya, kalau diklat pertama hanya nge-camp di kaki gunung, diklat kali ini kami menerabas masuk hutan dan nge-camp di salah satu titik di Gunung Kencananya.
Diklat dua kemarin benar-benar meninggalkan banyak hal buat gw. Selain praktek lapangan langsung yang oke banget tentang navigasi darat yang terdiri dari orientasi peta, orientasi medan, resection, intersection, dan man to man, ada satu hal yang menurut gw yang sukses membuat gw nyess banget. Di tengah badan gw yang  lecet-lecet, baret-baret, dan memar-memar saat membuka jalan dan menerabas hutan, gw seolah menemukan pembuktian dari kata-kata senior gw di Gandewa.
Di atas gunung, kalian bisa melihat karakter asli teman-teman kalian, bahkan kalian bisa melihat  karakter asli diri kalian sendiri.
Mungkin benar kata Hari, kalau gw bilang apa yang gw lihat kemarin adalah karakter asli teman-teman caang gw, mungkin itu hanya sebuah asumsi. Tapiiii, ada satu hal yang gw bisa pastikan. Di atas gunung kemarin, gw melihat karakter-karakter yang BERBEDA dari teman-teman gw yang dalam keadaan normal gak pernah diperlihatkan sebelumnya. Dan menurut gw, hal itu WOW banget untuk diperhatikan dan disadari :D

Di atas gunung kemarin, kelihatan banget siapa-siapa yang empati terhadap teman lebih besar, egoisnya lebih besar, orientasi menyelamatkan diri sendirinya lebih besar, sampai orientasi menyelamatkan temannya yang lebih besar. 

Hal itu pun terjadi pada gw. Sifat-sifat gw yang apa banget juga keluar semua di atas gunung kemarin. Ih waw banget deh gw ngeliat diri gw sendiri yang kayak gitu, hohoho ;P Sampai akhirnya gw pun berasumsi, bagi siapa saja yang lupa dengan jawaban dari pertanyaan siapa saya, naik gunung bareng yuk? :D

Saat turun gunung pun kesadaran akan betapa berharganya waktu begitu mengakar ketika tahu kalau kita gak pernah punya banyak waktu. Hari ini gw kuis Psium. Di akhir pengumpulan kuis, nikmat banget ketika inget bahwa kemarin, kampus berjalan Psium yang kami lakukan saat turun gunung, membantu banyak untuk kuis hari ini :D

Diantara sekian banyak hal yang ditinggalkan dari diklat kemarin, satu hal yang sampai sekarang bikin gw senyum-senyum sendiri adalah kemampuan masak gw meningkat secara signifikan, hahahaha :P Kalau kemampuan masak gw pada diklat pertama merugikan banyak orang, kemampuan masak gw selama diklat kedua ini alhamdulilah mampu menyokong kemaslahatan umat, hahahaha :P

# PDKM Opera 2011

 Kelompok 6 PDKM Opera 2011

Jumat minggu lalu rangkaian kegiatan PDKM Opera ditutup. FYI : PDKM  (Pelatihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa) Opera adalah program kerja bidang PSDM BEM Opera Fakultas Psikologi UI yang diperuntukan untuk maba Psikologi UI 2011 yang ingin memiliki bekal lebih untuk menjalani kehidupan kemahasiswaan.

Entah karena alasan apa, belakangan gw udah lama banget gak pernah ngerasa kaget karena suatu hal. Dan, jujur, penutupan PDKM kemarin benar-benar sukses membuat gw kaget sejadi-jadinya. Di akhir rangkaian kegiatan PDKM Opera, ada kegiatan yang disebut magang BEM. Dalam kegiatan tersebut, para peserta PDKM terpilih mendapatkan kesempatan untuk merasakan menjadi anak BEM sebelum bisa benar-benar mengikuti Open Recruitment sebagai pengurus BEM di tahun mendatang.  Para peserta PDKM disuruh memilih dua bidang  yang diminatinya. 

Pada penutupan kemarin, diumumkan siapa saja yang terpilih untuk bisa magang BEM. Alhamdulilah gw jadi salah satu diantara beberapa peserta yang terpilih tersebut. Gw memiliki passion yang cukup besar dengan pilihan pertama gw di bidang PSDM. Adapun pilihan kedua gw pilih lebih karena alasan sederhana 'gw pengen belajar' dan gw bingung mau milih apa selain PSDM. Jadi yang membuat gw kaget? Ekspetasi gw dan teman-teman gw yang berharap gw bisa magang di PSDM tidak sesuai dengan kenyataan bahwa gw terpilih di  bidang kedua. Dan tahukah kawan? Terpilihnya gw magang di bidang pilihan kedua gw seolah mengeksekusi jawaban Teh Cune tentang pertanyaan gw beberapa hari yang lalu.
Gw : Teh, teteh kan tau ya Tuti tuh apatis banget sama yang namanya politik.  Baca koran aja bagian hukum dan politiknya pasti Tuti lewat. Tapi Tuti tau kalau di kampus dan di kehidupan nyata Tuti gak bisa ngehindarin hal itu. Tuti pengen belajar pelan-pelan, Teh. Tapi bingung mulai dari mana karena Tuti gak punya passion sama hal-hal yang berbau politik.
Teh Cune : Kalau mau belajar, ya harus nyebur sekalian, Tut.
Dan sekarang, gw benar-benar kecebur. Allah Maha Mendengar ya? Dan selalu menjawab doa yang bahkan tak tampak seperti sebuah doa. Saat ini, gw dapet kesempatan untuk belajar. 

Dan gw mau belajar :D

Peserta magang Bidang Kastrat (Kajian Strategis) :
1. Tsalitsa Haura
2. Muhammad Edma Khairan
3. Annisa Dwi Astuti
4. Annas Jiwa Pratama

Hectic week masih berlanjut. Dan postingan kali ini juga sejujurnya sebagai stimulus untuk mengerjakan urusan tulis menulis yang masih menggila, hahaha :D

Sebelum melanjutkan mengerjakan tugas, mention orang-orang dulu ah :D
1. Fauzia Ratna Furi dan Kiagus Aufa Ibrahim. Foto kita bertiga (minus Nisop) beberapa minggu ini gw jadikan wallpaper hp gw loh. Memandang wajah kalian kayak ngisi bensin. Gak ada analogi yang lebih bagus apa Tuth?  Selalu sukses membuat gw berapi-api lagi, dan tentu saja, dengan tidak pernah merasa sendiri ;D 
2. Rully Swarnaputra. Selamat ya peserta terbaik PDKM Opera 2011! :D Lw tau gak, Rul. Performa lw mengingatkan gw tentang sesuatu yang nyaris gw abaikan. Keinginan untuk belajar :)
3. Muhammad Edma Khairan. Kelompok OKK, Caang Gandewa, Panitia Suksesi, Peserta PDKM Opera, dan sekarang, sama-sama magang di Kastrat. Bosen gak Ri ngeliat muka gw? Hahahaha :P Hope we can be a good partner ya, kawan!
4. Dan untuk siapapun yang akhir-akhir smsnya tidak gw balas, maaf. Sedang tidak ada pulsa dan sedang kekurangan kemampuan untuk mengisi pulsa :(

Hectic Week? Let's feel the Pressure! :D

0 komentar: