Selasa, 26 Juni 2012

(celengan untuk) Nomor 49

(dulu) Gw punya celengan kaleng. Gw beri nama Si Kuning. Celengan berwarna kuning dengan gambar Zakumi, maskot piala dunia 2010. Si Kuning gw beli dan gw gunakan dengan tujuan khusus. Ada yang sungguh nyata ingin diusahakan. Ada sebuah negara yang ingin dituju. Gw bertekad kalau sampai akhirnya gw berhasil ke negara itu, entah kapan dan bagaimana caranya, gw bakal bawa Si Kuning. Gw bakal bongkar Si Kuning di negara tersebut sebagai tanda gw berhasil menjejakan kaki di sana. Sampai akhirnya gw menulis daftar 100 mimpi gw satu tahun yang lalu, Si Kuning gw niatkan untuk membantu gw mewujudkan mimpi nomor 49 gw.

Si Kuning sudah lama penuh. Gw tinggalkan di sudut kamar gw di rumah tanpa pernah lagi menyentuhnya. Sampai minggu lalu, gw pulang ke rumah. Sengaja memang untuk menyapa Si Kuning untuk bilang kalau gw lagi butuh bantuannya. Bukan untuk bilang kalau gw mau membawanya ke mimpi nomor 49 gw. Tapi bilang kalau gw butuh bantuannya untuk membawa gw ke 3676 mdpl.

Gw bawa Si Kuning ke ruang keluarga. Berbekal pisau dan coet yang terbuat dari batu, antara tega dan enggak gw mau membongkar Si Kuning. Si Kuning dibeli buat menjaga mimpi itu, bukan untuk khayalan yang mendadak malah menjadi kenyataan. 

Trus gw inget film UP. Inget celengan yang dimiliki oleh Carl dan Ellie. Celengan itu memang ditujukan untuk untuk membawa mereka ke Paradise Falls. Akan tetapi, di tengah perjalanan celengan itu harus dibongkar berkali-kali karena berbagai kebutuhan. Celengan itu dibongkar untuk memperbaiki ban mobil Carl yang bocor, biaya pengobatan Carl di rumah sakit, sampai biaya renovasi rumah yang tertimpa pohon saat badai.

 Ellie, Carl, dan celengannya

Sampai akhirnya gw ingat ending ceritanya, gw pun membongkar Si Kuning.
Bantu gw ya Kuning :)
Nasib mimpi nomor 49 nya?

Percaya ada banyak cara menuju ke sana. Seperti caranya Carl yang akhirnya sampai di Paradise Falls, walaupun harus tanpa Ellie dan celengannya.

49. Hanami di bawah Pohon Sakura

***

Belum sempet nyari pengganti untuk Si Kuning. Mungkin diselesaikan dulu kali ya urusannya dengan dua kaleng di pojok meja belajar kostan yang bertuliskan : Rinjani dan S2 Profesi Psikologi.

0 komentar: