Selasa, 05 Juni 2012

BKUI 13 - "Break Your Limit!"

 Bedah Kampus Universitas Indonesia 13
"Break Your Limit!"

 Acy dan RJ-lah yang pada akhirnya gw tuntut untuk bertanggung jawab penuh atas segala antusiasme ini.

Pleno 1 BKUI 13.
Kak Ibadurrahman :  Di ruangan ini, siapa yang dulu waktu SMA ikut BKUI terus akhirnya beneran masuk UI?
Banyak. Banyak banget yang angkat tangan. Tapi salah satunya bukan gw. Jangankan masuk ikut BKUI, dulu kepikiran pengen UI aja di saat-saat terakhir.

BKUI merupakan akronim dari Bedah Kampus Universitas Indonesia. BKUI merupakan salah satu program kerja yang dimiliki oleh Danus BEM UI tiap tahunnya. Acara ini secara umum memiliki tujuan untuk memperkenalkan Universitas Indonesia kepada khalayak umum, khususnya siswa-siswi SMA yang sebentar lagi lulus dari masa putih abu-abu nya dan akan naik ke jenjang perguruan tinggi.

Kalau nanya ke beberapa anak SMA mah, katanya ini salah satu event yang cukup booming untuk dibicarakan di masa-masa kelas 3. Di masa-masa pencarian tempat penididikan selanjutnya. Tapi kayaknya gw gak termasuk hitungan beberapa itu. Gw tau ada event ini waktu SMA, tapi event ini adalah event macam apa, gw baru tau pas gw udah jadi maba. Jangan tanya kenapa. Bisa panjang ceritanya.

Kalau kata Kak Faldo, Ketua BEM UI 2012, kalau program kerja BEM UI dibuat serial, BKUI adalah program kerja dengan serial paling panjang. Pada tahun 2012 ini, BKUI sudah memasuki event ke-13 sejak penyelanggaraan untuk pertama kalinya. Penyelenggaraan ke-13 inilah yang membuat BKUI tahun ini akrab dikenal dengan sebutan BKUI 13.

BKUI 13. 660 orang yang mendafatar sebagai panitia. 234 yang lolos seleksi alam dan seleksi wawancara untuk menjadi panitia melalui open recruitment. Entah BKUI yang memang sudah memiliki nama yang besar, entah reputasi kepanitiaan yang disebut-sebut segitu rapihnya, entah janji pengalaman yang berharga, entah janji tali pertemanan yang terus bercabang, entah kesempatan untuk berbagi keberanian, dan entah entah lainnya yang membuat pendaftar kepanitiaan ini memecahkan rekor sebagai pendaftar terbanyak dari semua event-event besar tahun ini di Universitas Indonesia.

Dengan lambang roket yang tengah meluncur, BKUI 13 membawa tema "Break Your Limit!" Tentang satu-satunya kendaraan dengan tenaga besar yang mampu menembus langit. Tentang kemampuan untuk melintasi batas. Tentang harapan ada batasan yang berani ditembus oleh panitia dan peserta. Ada yang berani diperjuangkan.

Gw pun bagian dari awak roket itu . Menjadi bagian dari hajatan besar itu.

Seperti yang gw bilang sebelumnya, Acy dan RJ-lah yang pada akhirnya gw tuntut untuk bertanggung jawab penuh atas segala antusiasme ini.

Gw gak pernah punya pengetahuan BKUI sebelumnya di SMA. Acy lah yang mengenalkan gw dengan event ini. Tentang objektifitas dan subjektifitasnya. Tentang cerita-cerita yang ia alami dan dengar sebelumnya. Anggaplah kalau apa-apa yang diceritakan Acy adalah materi sebuah mata kuliah, apa yang gw lihat dan dengar dari RJ adalah praktikumnya. Tentang ke-hectic-an hidupnya bersama BKUI tahun lalu. Tentang kaos coming soon yang masih gw inget banget wujud dan rupanya. Tentang pergi ke Sawarna-nya pasca event selesai.

Gw gak tau berawal dari mana, tapi gw terlanjur ngarep. Terlanjur jatuh hati sama cerita-cerita mereka. Terlalu ingin berada di sana. Di dalam cerita-cerita mereka.  Entah alasan apa yang melatar belakanginya. Alasan yang dibuat-buat? Mungkin banyak. Deppest inside? Gw gak tau yang mana. Satu yang pasti, ada janji yang ingin gw buktikan di sana.

Sampai pada akhirnya, siklus pengabulan doa kembali berputar. Bukti gw ngarep? Terlalu ngarep? Gw dega-degan setengah mati mantengin timeline BKUI 13 tengah malem. Antara ngarep dan mencoba realistis karena twitter gw gak di mention mention sama PJ gw. Sampai akhirnya nangis aja lah waktu gw di sms PJ gw dan diterima jadi bagian BKUI 1. Asli. Gw nangis.

Janji-janji yang ingin gw buktikan pun perlahan terkabul satu per satu. Tentang semua yang segitunya di Radiv 1. Pleno 1. Radiv 2. Yang pada akhirnya membuat gw akan sangat malu kalau tidak segitunya juga di dalamnya.

Akhir kata, tolong jangan salahkan gw yang terlalu antusias. Karena gw tidak tahu semua ini berawal dari mana. Gw pun tidak tahu cara meredamnya.

Informasi lebih lanjut



 






 








Ini untuk kalian. Seluruh siswa-siswi SMA se-Indonesia. Yang mau menembus batasan. Yang enggan untuk menutup kemungkinan.

*Untuk dua orang yang gw 'tuntut', walaupun bukan di BKUI tahun ini, semoga suatu hari nanti kita bisa bertemu di lingkaran yang  sama. Selamat membadai di lingkaran pilihannya masing-masing :)

0 komentar: