Kamis, 22 April 2010

Spanduk SMANSA DAY

21 April 2010

Menemukan lagi keabnormalan gw yang lain. Baru menyadari bahwa gw punya kebiasaan yang sama selama tiga tahun berturut-turut. Duduk di pinggir lapangan sambil memandangi spanduk SMANSA DAY sampai berjam-jam! Hahaha :D

Yap, ternyata sudah tiga tahun kebiasaan itu menemani gw sekitar bulan April-Mei. Awalnya sih hanya memandangi lambang SMANSA DAY-nya aja, kemudian menjalar ke lambang-lambang ekskul lainnya. Sambil memandangi spanduk, biasanya otak gw membangkitkan ingatan tentang kejadian-kejadian yang berhubungan dengan lambang-lambang itu. Setelah mata gw habis menjamahi setiap lambang, biasanya gw tetep betah memandangi spanduk itu. Muter lagi dari satu lambang ke lambang lainnya. Bedanya, otak gw saat itu udah ngelantur kemana-mana. Hahaha :P

Tapi ajaibnya, hanya memandangi spanduk saja, gw bisa senyum-senyum,  ketawa nangis, pusing, deg-degan, uring-uringan, bertahmid, bertakbir, dan istigfar sendiri kayak baca novel (apa gw nya aja yang autis ya?)

SMANSA DAY 2009
Stay Care, Stay Aware, Staying Alive


SMANSA DAY 2010
Think Global, Act Local, Keep Original

Dan hari ini, gw baru menyadari bahwa gw telah menghabiskan waktu berjam-jam (lagi) untuk memandangi spanduk SMANSA DAY. Bedanya, keabnormalan gw hari seolah memberi kesempatan gw untuk terus berceloteh sekaligus menjadi pendengar yang baik kepada dan untuk orang-orang di sekitar gw.

Pukul 13.00. Di pinggir lapangan. Memandangi spanduk SMANSA DAY. Menemani (sambil malakin) Nita yang sedang makan.
Nita : Tuth, kemaren gw ngobrol-ngobrol sama T'Desma. Ternyata dia anak NF looh!
Gw : Waaw! Sekarang tuh dia dimana ya?
Nita : Admin Niaga UI. Kemaren tuh dia nanya ke gw, gw pengen akun, tapi nilai gw pas TO NF bagus gak? Pernah masuk 10 besar gak?
Gw : Trus, trus?
Nita : Gw bilang alhamdulilah lumayan. Pernah sih masuk 10 besar walaupun cuma sekali. Itu juga pas TO Simak UI. Trus dia bilang gapapa. Lumayan. Dia juga pernah. Sekali-kalinya masuk waktu itu peringkat 6 se-Indonesia. Trus tau gak dia bilang apa?
Gw : Bilang apa, Nit?
Nita : Dia bilang, akhirnya pas di UI, dia ketemu orang-orang yang pernah masuk 10 besarnya TO NF looh. Subhanallah ya!
Subhanallah. NF memang luar biasa! Hahaha. Sayangnya masih ada aja orang yang belum memanfaatkannya dengan maksimal, seperti gw :'( Ah, NF. Belum terlambat khan untuk menjadikanmu pasangan hidupku selama beberapa bulan kedepan?

Pukul 13.30-15.30. Masih di tempat yang sama. Masih memandangi spanduk yang sama. Tapi sekeliling gw sudah terdapat orang-orang yang berbeda.

Bocin dan Ari. Sepertinya hari ini gw jadi korban kegilaan mereka. Karena masalah pribadi gw terbongkar di depan mereka! Hahaha :P Awalnya ngomongin ID Tadzkirahnya mereka. Aneh. Masa iya tulisannya : Ketua Panitia SMANSA DAY 2010 dan Kabid 3 OSIS?! Hahaha. Gak nyambung! Okelah jabatan Bocin masih bisa diterima akal sehat. Lah si Ari? Hahaha :D

Tiba-tiba ada seorang laki-laki dan perempuan melintas. Agak  janggal menurut gw. Alhamdulilah dan astagfirullahnya tingkat ke-fudul-an gw lagi tinggi. Ya gw tanyakan ke Ari.
Gw : Ri, si *** emang sama si *** deket ya?
Ari : Yaaah si Teh Tuti, udah lama kali. Mereka HTS-an gitu, kayak *** dan ***.
Gw : Haaaah! Demi apa, Ri? Bohong lw ah! (gak percaya)
Ari : Beneran kok. Teh Tuti gak up to date nih.
Hahaha. Obrolan itu pun akhirnya merambat pada obrolan-obrolan sejenisnya. Maksudnya? Ya, obrolan seputar hubungan sesama anak SMANSA. Entah hubungan pertemanan, persahabatan, kekeluargaan dalam organisasi, rekan kerja, atau bahkan LEBIH dari sekedar pertemanan, persahabatan, kekeluargaan dalam organisasi, dan rekan kerja. Hehehe :P

SMANSA, SMANSA. Jujur, gw pengen tau ada lagi gak SMA yang kegiatan organisasi dan ekstrakurikulernya se-intens atau se-luar biasa SMANSA? Eh, salah deng pertanyaanya. Bukan kegitannya, tapi penggojlokan mental dalam proses pembentukan rasa kekeluargaan (baik saat MOS, regenerasi, ataupun saat membuat acara). Ada gak ya yang kayak SMANSA? Karena di mata gw, rasa kekeluargaan yang terbentuk di SMANSA itu terbilang aneh. Mengapa? Karena rasa kekeluargaan itu mampu membuat hubungan pertemanan, persahabatan, dan rekan kerja jadi gak ada batasnya, bahkan terkesan abstrak dan menimbulkan hubungan baru yang LEBIH dari sekedar teman, sahabat, dan rekan kerja. Ada yang pernah merasakan?

Jadi ingat obrolan dengan T'Cune waktu di YM beberapa waktu lalu.
T'Cune : Hubungan anak SMANSA banget ya..
Gw : SMANSA banget teh?
T'Cune : Iya. Hubungan anak SMANSA, sekarang mah ngejalanin dulu aja, kedepannya gimana, liat nanti..
Ada yang merasa tersindir? 
Boleh jujur? Itu gw banget! Hahaha :D

Masih ditempat yang sama. Memandangi spanduk yang sama. Obrolan merembet ngomongin masalah pribadi Bocin dan Ari. Sialnya, gw kena getahnya! Masalah pribadi gw yang malah terbongkar di depan Ari karena kata-kata UJhee yang 'LUAR BIASA'! (Maaf ya Bocin, anda ternyata belum cukup peka untuk hal yang satu ini :P) Ya biarlah, sudah terlalu percaya gw sama Ari. Kalau Bocin, ENGGAK! Perang dunia ketiga kalau Bocin juga tau :P

Dari spanduk, pandangan gw naik beberapa derajat ke langit. Beberapa hari terakhir gw lagi mengagumi birunya langit dan putihnya awan yang jernih banget di pagi hari, serta jernihnya bulan dan rasi bintang di malam hari. Saking jernihnya tuh langit, dua hari yang lalu gw sampai bisa ngeliat bulan di siang hari. Subhanallah.

Hei, dua hari yang lalu lw liat bulan gak siang-siang? Indah banget. Tapi kayaknya lw mah gak liat ya. Buat lw khan SMANSA punya bulan sendiri, yang bahkan sinarnya gak cuma di malam hari, tapi di siang hari yang membuat lw mungkin gak melihat bulan siang hari kemarin lusa. Iya khan adikku? Hanya berharap bulan yang kau lihat adalah bulan yang benar-benar pantas untuk kau lihat. Karena sesungguhnya, bukan kau yang beruntung bisa melihat bulan itu, tapi bulan itu yang beruntung dikagumi oleh orang sepertimu...

*Ya Allah, suatu saat nanti hamba ingin tetap mengagumi birunya langit-Mu, putihnya awan-Mu, jerihnya sinar bulan-Mu, dan anggunnya rasi bintang-Mu, bukan dari sudut lapangan SMANSA, tapi dari belahan dunia yang lain. Boleh khan? :)

Pandangan kembali ke arah spanduk. Spanduknya? Di situ-situ aja. Gak berubah. Otak gw? Alhamdulilah masih di dalam tempurung kepala gw. Yang berubah? Pikiran gw yang muter-muter, dan orang-orang di sekeliling gw yang bertambah. Murai, Ujhee, Hilmi.

Gw lagi gak enak ngajak Murai bercanda. Lagi keliatan capek. Habis bantuin Tadzkirah sama bolak-balik ngurusin TOP kayaknya mah. Semangatlah pak ketum! It's your choice khan? :D

Hilmi. Ternyata pamornya sebagai MC belum turun. Lagi isirahat sebagai MC Tadzkirah. Ketemu gw, gak jauh yang diobrolin : sponsorship! Hahaha. Seneng banget denger cerita Hilmi yang katanya sponsor TOP dibantuin koneksi dari temen ayahnya Nanis yang memang udah makan asam garam masalah nyari dana :D Diajarin bikin konsep dan teknis nyari sponsor, bahkan sampai dibantuin turun langsung. Alhamdulilah.

Semangatlah, Mi. Insya Allah lw bakal jauh lebih baik sebagai tulang punggung pencarian sponsor buat SD dan TOP daripada gw. Karena gw, tahun lalu nyari sponsor benar-benar gak pake teknis yang baik dan profesional. Hanya bermodalkan nekat karena mental yang jatuh berkali-kali dan rasa sayang yang berlebihan.

Ujhee. Datang dengan mengeluarkan senyuman yang.. Hahaha. Kalau Afgan liat, dia bakal bilang "Senyummu mengalihkan duniaku" (senyummu apa wajahmu sih yang bener?). Kalau gw bakal bilang, "Senyummu mengalihkan pikiranku dan pandanganku dari spanduk". Ah, Ujhee. Sudah separah itukah sikap saya? Heu. Terima kasih sudah diingatkan kawan. Gak mau jadi pencuri yang mengambil hak orang lain. 
...Beri sedikit waktu agar aku bisa bernafas tanpamu...
Tadzkirah udah mau selesai. Gw? Masih ditempat yang sama dengan kegiatan yang sama. Memandangi spanduk. Jadi teringat sesuatu. Berhubung gw merasa adik-adik kelas gw lebih pintar daripada gw, jadi gw menanyakan pertanyaan yang sudah gw pendam berhari-hari yang lupa gw tanyakan kepada orang lain.
Gw : Eh gw mau nanya donk, tapi serius.
Ari : Nanya apa, Teh?
Gw : Jadi tuh kemaren-kemaren gw lagi seneng ngeliatin langit, soalnya bagus banget. Gw penasaran.  Kenapa pas siang-siang lagi ada matahari, warna langit malah biru. Tapi waktu senja, ketika matahari tenggelam, langitnya malah warna oranye.
Bocin : Gw donk teh yang jawab.
Gw : Sok mangga
Bocin : Mmmh, kenapa ya? Oh iya. 3/4 bumi kita khan air teh, jadi tuh langit memantulkan warna air laut, jadinya biru. (Dengan gaya meyakinkan)
Gw : Oh iya ya! (manggut-manggut) Pintar kau, Nak! Terus yang masalah oranye, gimana?
Ari : Oooh, itu mah gampang teh. Matahari tenggelam di barat khan? Biasannya kalau sunset khan deket laut, mataharinya lebih banyak menyinari ke laut. Lautnya jadi warna oranye khan? Dari situ teh langit mantulin nya juga warna oranye. Jadi deh langit kalau senja warna oranye (muka serius gak pake bercanda).
Gw : (tepuk tangan) Gila-gila! Adik-adik gw pinter-pinter ge! Hahaha, makasih ya :D
Kegilaan gw bersama mereka usai. Bocin pulang. Ari NF. Murai pulang.  Hilmi evaluasi panitia. Ujhee makan ama Dimash. Gw? Masih duduk memandangi spanduk sambil nunggu Nisop sholat.

Pukul 16.00. Tadzkirah usai. Sambil ngeliat spanduk, sesekali ngeliat anak-anak DKM yang lagi ngeberein logistik. Tiba-tiba Dila nyamperin.
Dila : Teh Tuti!
Gw : Assalamualaikum, Dilla! Alhamdulilah udah beres ya Dil..
Dila : Iya teh, untung bukan panitia Korma. Kalau panitia Korma, ya belum beres, hehehe..
Gw : Ikut ngangkat-ngangkat Dil? Hehehe..
Dila : Iya nih, Teh. Nasib udah dikenal sebagai wanita kuli. Hehehe. Belum pulang teh? Punya kenikmatan tersendiri ya teh ngeliatin yang beres-beres kayak gini.
Gw : (tersenyum)
Hahaha, sepertinya gw emang agak-agak autis ya. Kau tau Dil? Bahkan gw lebih menikmati spanduk yang notabanenya gak bergerak dibandingkan anak-anak yang lagi ngangkat barang-barang logistik! Hahaha :P

Sudah waktunya pulang. Dadah spanduk. Terima kasih sudah mau gw pandangi berjam-jam. Hahaha. Gak keberatan untuk gw pandangi lagi khan nanti? ;D

Pukul 17.15. Tadinya mau pulang bareng Nisop, ternyata ada Agung, jadilah pulang bareng Agung. Di jalan, seperti biasa, ngobrolin Tadzkirah, Korma, Olimpiade Astronomi, apapun lah yang bisa diobrolin. Ngomong-ngomong olimpiade astronomi, gw jadi inget pertanyaan gw tadi. Tanyain lagi ke Agung ah. Agung khan anak astro :)
Gw : Gung, emang bener ya, langit biru karena mantulin air laut yang warnanya biru?
Agung : Hahaha, kata siapa teh? Teh, langit khan atmosfir yang berupa gas, gak bisa mantulin warna lah teh.
Gw : Hah? Oh iya ya? Aduh kok gw bego sih. Terus-terus?
Agung : Di jagad raya kita itu, warnanya biru gelap banget teh. Nah, bumi kita khan diselubungi atmosfir yang warnanya putih. Jadi kalau dari permukaan bumi, warna biru yang gelap itu berbaur bersama warna putih. Jadilah kita ngeliatnya warna langit itu biru yang selama ini kita lihat.
Gw : (manggut-manggut sambil cangak) Trus-trus, jadi kalau warna langit oranye waktu senja itu bukan gara-gara matahari tenggelam deket laut, nyinarin laut jadi warna oranye, trus dipantulin langit?
Agung : Hahahaha. Itu teori dari mana lagi teh? Kalau waktu senja, kedudukan benda langit itu lebih tinggi daripada bumi. Jadi cahaya matahari dipengaruhi bla..bla..bla..
Gw : Hah? Hahahahaha. Jadi pernyataan tadi tuh ngarang banget ya, Gung? Aduh, ini gw yang bodo atau mereka yang sok tahu sih! Gila banget, sesat abis! Hahaha..
Agung : Ya salah lah, Teh! Emang kata siapa?
Gw : Bocin ama Ari. Bener-bener deh nih anak-anak.
Hahaha, sesat gila si Bocin ama Ari. Untung gw nanya ke Agung. Bisa gw bawa sampai bangku kuliah tuh teori kalau gw gak tau yang bener kayak gimana. Aduh, gak lagi-lagi deh gw jadi orang sok tahu. Menyesatkan! :P

Hahaha, bener-bener jatuh cinta ni gw sama SMANSA DAY! Bahkan sampai ke spanduk-spanduknya! Hahaha :D

*Ya Allah, suatu saat nanti hamba masih ingin tetap melihat spanduk SMANSA DAY itu terbentang megah. Bukan spanduk SMANSA DAY yang dipasang di SMANSA lagi, tapi spanduk SMANSA DAY yang hamba bentangkan di belahan bumi yang lain. Boleh khan? :)

Oia, hari ini hari Kartini khan? Ibu Kartini masih bangga gak ya dengan perempuan yang hobinya ngeliatin spanduk kayak gw?

4 komentar:

awan biru mengatakan...

tuth.. sumpah ya..
berarti saya abnormal juga dong?
haha..
nisop juga suka mandangin spanduk itu pake senyum2 sendiri lagi..

ga abnormal ah.. ^^
wajar untuk seukuran OSIS-addict spertimu.. :P

Ramadhan H.R mengatakan...

voli udah ga ada. yaah

Dila.Dila mengatakan...

tetuti, mau melengkapi yang kata2 agung..
kalo ga salah, warna jingga dipengaruhin juga sama panas yang dilepas bumi saat sore hari

Annisa Dwi Astuti mengatakan...

@awanbiru: hahaha :)

@atu : voli masih ada kok atul :)

@dila : makasih banyak dila infonya :D