Selasa, 24 Januari 2012

#20 - Bunga untuk Kakak

Selama liburan, gw cukup sering bolak-balik ke kampus, khusunya fakultas gw sendiri. Entah memang sedang ada keperluan akademis-nonakademis entah hanya numpang lewat sebagai jalan alternatif untuk menuju perpustakaan pusat.

Beberapa hari belakangan itu pula ada sekelompok mahasiswa, yang beberapa diantaranya teman-teman seangkatan gw, tengah berkutat dengan kardus, cat warna, dan alat-alat gambar lainnya. Ternyata mereka adalah anak-anak dekorasi Dapur.

Dapur merupakan kependekan dari Tenda Purnama. Setiap usai prosesi wisuda di tingkat universitas, para wisudawan/wisudawati biasanya mengikuti sebuah prosesi lagi –semacam pelepasan- di fakultas masing-masing. Dan di Fakultas Psikologi, Tenda Purnama inilah tempatnya :D

UI tiap tahunnya mengadakan dua gelombang prosesi wisuda.  Wisuda yang pertama dilaksanakan bulan Agustus, sekaligus prosesi penyambutan mahasiswa baru. Adapun wisuda yang kedua dilaksanakan sekitar bulan Februari.

Tenda Purnama sendiri merupakan kegiatan yang dilaksanakan setelah prosesi wisuda tingkat universitas. Sejalan dengan prosesi wisuda yang dilaksanakan dua kali dalam setahun, Dapur pun dilaksanakan dua kali dalam setahun. Berhubung gw baru merasakan Dapur satu kali, jadi gw gak tahu tuh apa memang setiap tahunnya Dapur selalu dilaksanakan di hari, waktu, dan tempat yang sama. Dapur tahun lalu, waktu pelaksanaanya setelah prosesi wisuda tingkat universitas  dari sore sampai malam harinya. Bertempat di Akademos. Saat itu juga para wisudawan dan wisudawati nya masih cantik-cantik dan ganteng-ganteng dengan make up dan dibalut dengan kebaya dan jas.

Selain hiburan yang disajikan dari berbagai angkatan, mulai dari band, accoustic, vocal group, dan acara-acara hiburan lainnya, prosesi paling penting dari Dapur adalah pelepasan para wisudawan –kalau Dapur yang pertama ditambah penyambutan maba-. Dapur bulan  Agustus lalu bertema tema Carnival.

Ada momen dimana para wisudawan/wisudawati dipanggil oleh MC dan keluar serentak beriringan dan berarak-arak mengelilingi Akademos sebelum pada akhirnya bergabung dengan mahasiswa yang lain. Saat berarak menuju Akademos, mereka keluar sambil  meniup terompet untuk ulan tahun dengan face painting layaknya badut -beberapa sih, gak semuanya-. Muka-muka lelah seharian menggunakan kebaya dan jas tenggelam dibalik  senyum dan suka cita seorang mahasiswa yang baru di wisuda. Tangan kanan kirinya ada yang menggenggam setangkai atau bahkan seikat bunga entah dari siapa.  Bersamaan dengan backsong lagu berirama suka cita yang disiapkan panitia untuk mengiringinya, seketika gw merinding lah ngeliatnya. Ya Allah, kurang lebih 4 tahun lagi, amiin.

Tenda Purnama 2011 @ Afternoon

  Tenda Purnama 2011 @ Night
Yellguys Wisudawan

Naaah, dari Dapur itu gw baru tahu kalau ada budaya pemberian bunga dari dan ke wisudawan/wisudawati. Gw baru ngeh padahal pas prosesi wisuda, di sekitar balairung banyak yang menjual bunga. Sepengetahuan gw dari beberapa cerita teman, pemberian bunga bisa dilakukan dari wisudawan/wisudawati kepada orangtuanya atau sebaliknya. Ada juga dari adik kelas kepada kakak kelasnya. Dari orang terdekat. Ataupun dari teman seangkatan. Tujuannya banyak. Sebagai ucapan terima kasih, selamat, ataupun tujuan-tujuan lain yang  mungkin hanya diketahui oleh si pemberi bunga.

Kalau tau gitu, waktu wisuda kemarin gw ngasih bunga deh ke Teh Mapaw yang diwisuda sebagai sarjana Farmasi UI :( Tak mengapa, masih ada kesempatan. Mudah-mudahan bisa ngasih bunga di wisuda S2 Profesinya nanti :D

Berhubung sekarang bulan Januari, berarti tinggal hitungan hari lagi akan diselenggarakan wisuda gelombang 2 dan Tenda Purnama. Gw jadi kepikiran mau ngasih bunga. Untuk bulan Februari dan untuk bulan Agustus mendatang :D

Untuk bulan Februari, gw terpikirkan tentang seorang kakak perempuan-yang dalam perjalanannya tetap gw panggil teteh. Salah seorang teteh yang paling awal bersedia berbagi cerita dan gak tanggung-tanggung panjangnya untuk ukuran wawancara tugas prosesi maba. Tentang banyak hal baik dari lingkup fakultas maupun lingkup universitas. Tentang senang dan sedihnya di dunia perkuliahan.  Cerita tentang seorang teteh yang dulu hanya gw kenal di lembar hall of fame di buku tahunan beberapa tahun silam.

Segala prestasi baik bidang akademis maupun akademisnya -ditambah wajah cantiknya :P- menggenapkan niat gw untuk memberikan bunga di hari wisudanya bulan depan. Selamat untuk S.Psi nya teteh :D terima kasih juga untuk teladannya.

Untuk bulan September mendatang? Naah, yang ini nih, gw mau sok-sokan ngasihnya :P Soalnya, jujur, gw gak kenal secara personal, heheh :P Gw berniat untuk memberikan bunga kepada dua orang. Seorang kakak perempuan dan seorang kakak laki-laki. Tidak seperti dengan teteh sebelumnya yang memiliki sebuah lingkaran yang sama, gw belum memiliki kedekatan personal dengan kakak perempuan dan kakak laki-laki ini . Makanya gw bilang sok-sokan :P

Mereka bukan orang-orang yang beredar di tingkat fakultas atau universitas yang dikenal banyak orang karena perjalanan kegiatan kemahasiswaannya -terbukti dengan tidak banyaknya maba yang mengenal mereka berdua-. Mereka bukan seorang orator ulung yang ketika berbicara mampu membuat orang-orang yang mendengarnya terkesima. Mereka pun bukan juara-juara yang bergelut dalam dunia akademis.

Tapi entah mengapa, sampai saat ini gw berinteraksi dengan dua kakak tersebut,  gw selalu ngerasa nyaman mendengar mereka berbicara. Bahkan gw rindu loh mendengar mereka berbicara, atau lebih tepatnya bercerita.

Bukan untaian kata mutiara. Bukan kata-kata yang disusun sedemikian rupa agar para lawan bicaranya berdecak kagum. Bukan pembicaraan intelek yang membutuhkan waktu untuk proses pemaknaannya. Bukan juga cara bicara dengan jeda yang teratur dan berapi-api yang membuat lawan bicaranya tertular semangat. 

Buat gw dua kakak gw itu cerdas dalam bicara, dibalik ke-apa-ada-an-nya. Bahkan gw sedih loh hanya bisa bertemu satu tahun dengan mereka, heu.

Jadi?

Selamat untuk gelar sarjananya, Tetehku :D
Selamat berjuang untuk skripsinya, dua Kakak gw :D

Semoga 3 tangkai yang direncanakan untuk dikirim benar-benar sampai di bulan Februari dan Agustus mendatang.

Dan buat panitia Tenda Purnama 2012, hamasah! :D

Tenda Purnama 2012

Ngomong-ngomong soal hamasah, udah lama ih gak di-hamasah-in orang, hihihi :P 

*pictures taken from : http://tendapurnama.tumblr.com/

2 komentar:

Shanti mengatakan...

buat CS sama siapa, tut? hehe

Annisa Dwi Astuti mengatakan...

@teh cune : hihihi, masih rahasia tetehkuu :P