Selasa, 24 Agustus 2010

Mimpi

24 Agustus 2010

Ternyata benar. Walaupun berat otak hanya memiliki sepersekian bagian dari jumlah seluruh tubuh manusia (hahaha, tadinya mau sok sok pake data gitu deh, tapi lupa datanya :P), otak tetap membutuhkan 15% energi dari jumlah total energi yang dibutuhkan manusia, dan membutuhkan 20% asupan oksigen dari total oksigen yang dibutuhkan manusia.

Pantesan hari ini gw baru bisa bangun dari kasur jam 12 siang. Kepala gw berat banget. Nyatanya, berpikir memang sangat-sangat menguras tenaga.

Hari ini badan gw drop banget. Entah ada hubungannya sama otak gw yang menguras tenaga lebih beberapa hari belakangan ini atau enggak. Yang pasti, hari ini gw jadi izin ke Tante Nia (Ibunya T'Tatan) karena gak bisa dateng magang dulu.

Alhamdulilah tugas magang gw minggu lalu selesai. Membuat dan mengupgrade blog lembaga psikologinya milik Ibunya T'Tatan. Sekarang tinggal ngurus dan ngerawatnya. Kalau ada yang lagi iseng-iseng blowalking, mampir ya ke blog buatan gw! :D Siapa tau ada yang mau ngasih masukan untuk blog yang satu itu, khususnya untuk masalah fitur. Gw masih abal-abal banget kalau ngomongin masalah design komputer, hehehe :P

*Bang Rj! Anda maih memiliki hutang kepada saya untuk mengajarkan  cara mempermanis fitur di blogspot :D













Selain ngerawat blog, minggu ini gw dapet tugas baru. Tugas yang membuat gw gak pernah menyesal pernah menjadi orang yang paling antusias selama pelajaran Bahasa Indonesia di NF tahun lalu (Anak NF tahulah kelakuan gw setiap pelajaran B.Indonesia :P).

Gw dapat tugas sebagai editor buku :)

Selain menyelenggarkan program-program yang ada hubungannya dengan psikologi, Rumah Puspa milik Tante Nia juga menulis dan menerbitkan buku-buku yang berhubungan dengan psikologi. Dan saat ini, gw ditugasi (ashaaaar, gw lupa, ditugasi atau ditugaskan ya? Hahahaha, payah lw Tuth! Katanya editor buku! :P) untuk mengedit buku tentang Brain Sinopsis. Mengedit tanda baca dan penggunaan serta susunan kata-kata yang kalau-kalau rancu untuk dibaca (Hohoho, andai Tante Nia tau begitu abal-abalnya bahasa gw kalau nulis di blog sendiri :P)

Kemarin gw baru mengedit Bab 1 dan Bab 2 dari buku itu. Judulnya, "Seperti Apa Otak Kita" dan "Sidik Jari" (Hahahaha, ketahuan deh kenapa di awal gw sok-sokan ngomongin tentang otak :P). Lumayanlah. Sambil ngedit, sambil nambah-nambah ilmu, karena mau gak mau ketika gw ngedit gw harus baca khan?

Dan semakin banyak gw ngedit tulisan itu, makin salut gw sama orang-orang yang berkecimpung di bidang psikologi :D Karena apa? Wedaaaaan, banyak kata-kata dan bahasan yang gw gak ngerti (yaiyalah Tuth! Secara lw bukan anak psiko! Hehehe) yang mengharuskan gw untuk baca berulang-ulang sampai gw ngerti sebelah mana yang seharusnya di edit. Gw kira anak psikologi itu fokus belajar tentang karakter manusia aja sampai ke seluk-beluknya,  tapi ternyata otak juga diubek-ubek sampai ke akarnya, hohoho, subhanallah :D

Dan gw menemukan sesuatu yang menarik ketika gw ngedit Bab 1, tentang misteri yang belum terpecahkan tentang otak kita. Dari 10 misteri yang dijelaskan, salah satu diantaranya adalah misteri terjadinya mimpi.

Gw baru tau kalau ternyata belum ada kesepakatan tentang apa dan bagaimana proses terjadinya mimpi. Walaupun ada teori yang bilang, mimpi itu terjadi ketika ada hal-hal atau emosi yang tidak diperhatikan oleh seseorang selama ia terjaga.

Ngerti gak apa maksudnya? Gw sih enggak. Hahaha :D

Sebelum gw baca tentang misteri terjadinya mimpi itu, awalnya gw mau nannya, sesuatu yang ada hubungannya dengan mimpi juga.

Ada gak penjelasan yang bisa menjawab mengapa ada seseorang yang bisa memimpikan orang yang sama selama 6 hari berturut-turut dengan latar mimpi yang berbeda-beda?

Intinya, kalau kata The Groove mah :
Bagaimana bisa kau hadir di mimpiku, padahal tak sedetik pun kurindu dirimu

Tapi ternyata, fenomena terjadinya mimpi saja masih menjadi misteri. Jadilah gw sangsi pertanyaan gw itu pun akan menemukan jawabannya.

Tak sedetikpun?
Bohong deng.
Sial! Terpaksa gw harus ngaku.
Gw rindu :)

7 komentar:

Anas mengatakan...

yang bikin penasaran, kok bisa ya ada mimpi. mata ketutup, tapi retina kayak nangkep bayangan yang jelas banget.. orang-orangnya, sampe gerakan2 juga..

Annisa Dwi Astuti mengatakan...

@anas : hahaha, setuju sama anas! Subhanallah ya :)

ryanjunaldi mengatakan...

tut! akhirnya ngedaftar hotspot jga di ui dan skarang bisa surfing dan surfing yes! haha
tpi ttep aja ssah ospek smpe satu smester ktnya heu

wah rumahpuspa itu lembaga professional bkn tut?
udah rapi tuh blognya ^^
ayo aja tut ntar gw bntuin tmbah"in, kpan ktemu ya?

eh tut firasat gw kynya a fadlan jdi ketua iktan mhasiswa metalurgi thun dpan haha

ryanjunaldi mengatakan...

oiya lupa tut :D
orang pling atas dewa tuh ttg desain blog hehe

Annisa Dwi Astuti mengatakan...

@rj : surfing? browsing maksudnya j? apa sama aja ya artinya? hehehe :P iya j, setau gw ospek FT khan emang wokeee bangeeet! Semangaaaaat Rj! :D iya j, lembaga profesional, alahmdulilah udah rapi, tapi tetep aja cuma gitu2 doank, heu.. iya iya, kapan ya kita ketemu? kau juga khan masih sibuk bang rj! ;) iyaiya, yang diatas mah emang dewaaaaaa bangeeet! hahaha, demi demi? waaaaw, dahsyat lah a'fadlan :D

Tri Asrie Khalidya mengatakan...

komen lagi ah, Tuth. Boleh tho? hahaha

Sumpah ya emang seru banget dah kalo ngomongin mimpi, da emang aneh bin ajaib.

Soal yang disebutin "mimpi itu terjadi ketika ada hal-hal atau emosi yang tidak diperhatikan oleh seseorang selama ia terjaga" itu maksudnya.... jadi otak itu gak semuanya bisa kita kontrol dengan sadar, kan? Katanya si Einstein aja kita cuma pake berapa persen tuh? 10 apa 15 dari otak kita? Ya segitulah... Nah jadi, selama kita sadar, ada juga otak dibagian lain yang lagi mikir/ngayal/nginget/melihat(gatau lihat apaan, setan kali)/ngapain lah secara gak sadar. Dari gak sadar itu, makanya kita bisa punya image istilahnya mah, yang bisa bikin otak jadi kayak barang ajaib.

Makanya sering nyeloteh: ok bisa sih kita mimpi begini? ato Kan gua ga pernah mikirin ini nih! ato dsb. Padahal mah, emang si otaknya udah ngerekam apa yang terjadi/terlihat saat kita sadar walopun secara kitanya gak sadar kalo otak kita ada yang lagi bertindak 'nyeleneh' itu hahahha.

Jadi, otak itu memang subhanallah deh, gakan ada yang beginian yang sama persis!


Hahaha sori ya tut jadi sok nyeramahin, eh taunya lu udah tau aja. hahahhaha

Annisa Dwi Astuti mengatakan...

@cungek : cungeeeeeeeeeeeeeeeeeek! tengkyu ya buat infonya! tenang aja cung, gw bener2 baru tahu dari lw kok, hehehe.. Eh tapi cung, mau nannya donk, sebenernya kita bisa gak ih ngatur mimpi, misalnya ngatur mimpi kita mau mimpiin sesuatu atau seseorang gitu, bisa gak?