Jumat, 17 Oktober 2008

PANAS dan IBLIS . .

17 Oktober 2008

*Allah Maha Tahu dan Maha Mengetahui bagaimana caranya membuat ku berpikir lebih jauh, tentang apa yang telah ku lakukan saat ini . .


Jumat yang panas, sepanas seminggu terakhir di awal masuk sekolah. Hari ini semangat belajar gw alhamdulilah udah up lagi. Hufh, mudah-mudahan gak hibernasi lagi kayak kemaren, hehehe.. Tapi hari ini gw gak ikut kumat =( (maaf ya Windmillqu . .). Hari ini gw mentoring sampai jam 1, dan dilanjutkan dengan praktikum kimia yang sifatnya udah gak formal, soalnya praktikumnya dilaksanakan di sembarang tempat.Hari ini, sama seperti hari-hari sebelumnya. Sang Mha aPemberi Pengetahuan pun selalu memberikan hamba-hamba-Nya pelajaran hidup yang berbeda dengan cara yang berbeda pula.

-Pelajaran Pertama=PANAS!-
Hari ini lebih dari lima orang yang gw denger ngomong "panas banget!!", dan salah satunya adalah diri gw sendiri. Gak jauh dan gak bukan pasti ujung-ujungnya orang yang ngomong panas mengkaitkan rasa panasnya dengan global warming. Lagi-lagi gw termasuk salah satu orangnya. Hufh, semua orang pastinya, yang gak mendalami tentang lingkungan pun sudah terlalu sering dengar istilah itu, definisinya, penyebabnya, dampaknya, dan cara antisipasinya. Untuk kesekian kalinya pun gw termasuk dari mereka! Tapi apa? Apa yang udah gw lakukan selama ini buat ngatisipasinya?

Selama ini, gw hobbby banget baca-baca artikel all about global warming. Banyak banget hal yang cukup mencengangkan gw tentang fakta-fakta yang terjadi akibat global warming. Salah satunya, danau terbesar di dunia "mendidih" akibat global warming, fast food salah satu penyumbang terbesar global warming, sebanyak 55 km2 es di kutub utara sudah mencair, dan parahnya, kalau kita tetap membiasakan kegiatan-kegiatan kita yang sangat tidak ramah lingkungan, bisa jadi diperkirakan akhir tahun 2008 seluruh es di kutub utara mencair!

*Ya Allah, hamba belum bisa membahagiakan orang banyak. .

Selain fakta tentang global warming, gw juga sering baca gimana cara ngantisipasinya dari hal yang paling kecil, diri sendiri, dan mulai saat ini! Contohnya, penggunaan bioplastik, menjadi vegetarian, mengurangi fastfood, mengurangi penggunaan kertas, sampai-sampai gw pernah nyoba bikin tas dari koran!

Tapi apa? Gw ngerasa gw belum ngelakuin tindakan NYATA. Gw punya ilmu dari artikel yang gw baca, tapi gak pernah gw APLIKASIIN. Dari sekian banyak penyebab global warming yang gw baca dan gw denger dari berita, gw rasa yang sebenarnya nyebabin global warming itu sendiri karena GAK ADA KESADARAN, ya kayak gw gini. Udah tau ada kebiasaan yang salah, tapi tetep aja dilakuin.

*Ya Allah, jangan jadikan hamba orang yang merugi . .

-Pelajaran Kedua=IBLIS!-

Selain gw baca artikel global warming yang mencengangkan, hari ini pun gw dapet materi dari mentoring yang cukup mencengangkan gw juga. Ada beberapa materi yang udah pernah gw denger, tapi ada yang baru gw denger. (Alhamdulilah gw bisa dapet banyak ilmu dari mentoring hari ini...) Materinya tentang IBLIS. Beberapa diantaranya yang gw inget :

  1. Azannya IBLIS adalah lagu (Ya Allah, itu hal yang sering hamba lakukan..)
  2. IBLIS berlindung dibawah kuku manusia (Jadi gak boleh manjangin kuku, khususnya perempuan!)
  3. Perempuan berjilbab, belum tentu terlindung dari IBLIS, karena IBLIS masih bisa mengotori pikiran (Ya Allah, jauhkan hamba dari segala siksa-Mu)
  4. Cewek non-muslim, bukan muhrimnya perempuan muslim (baru tau! Alhamdulilah udah tau..)
  5. Suara itu, termasuk aurat perempuan
Sebenarnya ada 5 halaman kertas tentang materi itu yang Teh Ajeng sampaikan ke kita. Tapi beberapa diantaranya itu, beberapa hal yang jujur udah ngebuat gw ngerasa banyak banget dosa padahal habis lebaran (gak nyambung sih?!).

Kedua pelajaran hari ini, mudah-mudahan bisa jadi refleksi buat kita semua. Terutama buat gw! Gw yang belum bisa optimal ngaplikasiin ilmu yang udah gw dapet =)

0 komentar: