Jumat, 02 Januari 2009

Recycle shopping bag!

2 Januari 2009

Tanggal 11-31 Desember lalu, WWF untuk kesekian kalinya membuka stand di Botani Square dengan salah satu tujuannya untuk mengkampanyekan recycle shopping bag. Sebagai salah satu supporternya, jelas gw sangat antusias datang ke stand itu sampai bolak-balik 3 kali walaupun cuma liat-liat merchandise nya (gak beli karena gak punya duit! Hhee), liat hasil recycle shopping bag yang dibuat orang-orang mulai dari anak TK sampai karyawan, ngisi petisi tentang Save Sumatra yang bakal dikirimin ke Gubernur Sumatra, sampai ngobrol-ngobrol tentang maksud gw untuk ngejadiin WWF sebagai narasumber lagi di SMANSA DAY 2009. Saking seringnya ngobrol, gw jadi lumayan deket sama Mbak Titi (penjaga stand WWF) sampai-sampai pernah sholat bareng! (untuk informasi lebih lanjut tentang WWF dan Supporternya, buka aja websitenya yaa di http://www.wwf.or.id/)

Jujur, kalau gw ngomongin atau inget-inget masalah lingkungan, gw miris aja sama diri gw sendiri. Salah satu hobi gw, suka baca artikel tentang lingkungan, baik tentang fakta lingkungan, kerusakan lingkungan, sampai solusi perbaikan lingkungan. Tapi kayaknya gw belum bisa berbuat apa-apa untuk perbaikan lingkungan. Puluhan kali gw baca apa yang dimaksud global warming, puluhan kali gw baca tips-tips hidup ramah lingkungan, bahkan puluhan kali gw bolak balik buka situs-situs lembaga yang emang concern sama yang namanya lingkungan. Beberapa diantaranya :

  • http://www.wwf.or.id/ (WWF)
  • http://matoa.org/ (MATOA)
  • http://www.greenpeace.org/seasia/id/ (GREENPEACE)
  • http://hijauduniaku.co.cc/ (website a'fadlan)
Tapi sampai saat ini, semakin tingginya angka penebangan hutan di dunia, semakin tingginya emisi karbon yang dihasilkan manusia, dan semakin tingginya suhu-rata-rata bumi, gw cuma bisa ngehemat listrik semampunya, ngehemat air sebisanya, dan berusaha menggunakan kertas di dua sisinya. Jelas banget hal itu gak sebanding dengan aktivitas gw yang malah bikin sampah dunia lebih banyak. Gw masih bisa makan di fastfood di saat gw tau fastfood merupakan salah satu faktor terbesar penghasil emisi karbon di dunia. Gw masih bisa pakai komputer sampai larut malam di saat beberapa negara-negara di dunia berusaha untuk menekan angka pemakain listrik. Bahkan gw pun masih bisa mengkhayal untuk membeli buku-buku yang gw idam-idamkan disaat pemerintah terus memperketat pengawasan untuk penebangan pohon yang digunakan untuk industri kertas yang sebenarnya masih bisa gw pinjam lewat temen. Hufh, dan hari ini, ketika gw benar-benar tidak memiliki kerjaan yang sangat bermanfaat di rumah, gw sangat tersindir ketika gw ingat dua pernyataan yang gw dapet dari seseorang (tapi gw lupa siapa!) dan hubungannya dengan apa yang telah gw lakukan.

"Kalau udah tau salah, kenapa masih dilakukan?"

"Kalau udah tau ilmunya, berarti tinggal tanggung jawabnya untuk melakukannya khan?!"

Tapi karena ngerasa tersindir itulah setidaknya otak gw mau meberikan impuls untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat hari ini. Entah mengapa hari ini gw terdorong lagi untuk mempraktekan ilmu recycle shopping bag dari WWF. Awalnya sebelum WWF buka stand di Boqer kemaren, gw emang udah tau tentang recycle shopping bag itu dan udah sempet mencobanya. Tapi gagal! Gw pun jujur awal-awal bikin shopping bag itu agak sangsi juga. Emang kuat ya bawa barang belanjaan pake tas dari Koran? Tapi yang paling utama yang agak gw ragukan, emang gak aneh ya ngeliat bawa-bawa tas dari koran? Hhee..

Petunjuk recycle shopping bag!

Tapi hari ini gw berhasil mecoba lagi (hari ini saking semangatnya sampai bisa bikin 6! Hhe.. ada yang mau?) dan menjawab kedua pertanyaan itu. Ternyata shopping bag dari Koran itu cukup kuat kok! Gw udah mencobanya dengan buku agenda tebal, kardus kotak makanan, dan botol air minum. Ternyata gak sobek seperti apa yang gw ragukan! =) Kalu masalah aneh, ternyata enggak looh! Dilihat-lihat, ternyata lucu juga! Udah dapet pengakuan dari Nisop dan teteh gw! Hahaha, soalnya khan liburan, jadi baru dua kali gw pake keluar rumah.. =)

Contoh hasil recycle shopping bag!

Alhamdulilah hari ini gw dapet ilmu lagi. Mudah-mudahan gw bisa ngasih kontribusi buat perbaikan bumi yang udah ngasih banyak banget buat gw gak cuma di awal tahun! Makasih ya WWF! =) Jadi inget pepatah zaman dulu, bumi itu rela diinjak-injak, tetapi selalu memberikan penghidupan bagi maunusia yang menginjaknya. Tapi ketika bumi terluka, apakah kita siap mengobatinya? Semoga saja jawabnnya, ya.. =)

Panda dan contoh hasil recycle shopping bag!
(Panda aja mau, masa kita enggak?! Hahaha..)

*Kalau ada yang mau petunjuk cara membuatnya, isi comment dan tulis email kamu aja yaa. Insya Allah bakal gw kirimin. Siapa tau lewat hal kecil kayak gini kita bisa jadi virus perbaikan lingkungan untuk orang-orang di sekitar kita. Ilmu itu harus dibagi-bagi, betul khan?

8 komentar:

Anonim mengatakan...

nisop berkata :

Assalmu'alaikum tuth..

wah wah..
promosi tas koran yeuh .. haha

aku juga udah buat lhoo!!!
hehe.. bnr"! lumayan kuat koo..
lucu juga lagi...
koran" mnumpuk di rumah...

setuju bgt nisop sama tuthi..
dimulai dari hal" kecil aja..

sesuatu yg besar itu berasal dari hal kecil jga bukan??
heheuu...

ayo peduli lingkungan! \^o^/

SESAME mengatakan...

assalamualaikum ..

makasih atas idenya !
selain menambah kreatifitas
juga peduli lingkungan

:)

ninit mengatakan...

Assalamualaikum....
txs bagt suportnya

Ide bikin shopping bag dari koran dah ada cuman rada sangsi ama kekuatanya...

Dengan adanya masukkan ini makin PD aja to ber experimen

Moga bumi kita smakin hijau...
smuanya dimulai dari hal2 kecil

with love

Annisa Dwi Astuti mengatakan...

@nisop : ayoooo! :D

@riri : alhamdulilah, sama2 :D

@ninit : alhamdulilah, sama2 :D

LiaLivix Armada mengatakan...

Wahhh aq tertarik bgettt....
Krmin carax yahhh,
nie email q

lia.livix111@gmail.com

terimakasiiih

Annisa Dwi Astuti mengatakan...

@Lia : waah, maaf banget ya lia, mungkin tidak bisa tuti kirim dalam waktu dekat. Soalnya mau dicari dulu arsipnya, udah lama banget soalnya belum bikin lagi, hehehe. anyway, thax for visitting ;)

Anonim mengatakan...

wahh mau donk :D
kirimin yahh ke email ak,, thai_yang@ymail.com
makasiii

fr:siska ^^

Anonim mengatakan...

mau tau caranya , ini email nya imandaarifiasari@gmail.com