Rabu, 07 Januari 2009

Teguran kecil dari ibukota!

6 Januari 2008

*Manusia bisa membuat Menara Eiffel yang begitu indahnya hanya dari sebuah besi, membangun Candi Borobudur yang begitu megahnya dari sebuah batu, dan membuat Monumen Nasional yang begitu gagahnya dari sebuah marmer. Namun sampai kapanpun, hanya Dia-lah yang mampu menunjukan bahwa keputus asaan mampu berubah menjadi semangat, kesedihan dapat berganti menjadi sebuah renungan, dan setiap kejadian mungkin merupakan sebuah teguran!

Walaupun hari ini merupakan kesekian kalinya gw menginjakan kaki di ibukota, tapi hari ini merupakan pertama kalinya gw ke Jakarta untuk tujuan ngebolang! X)

Buat yang belum tau (tapi kayaknya udah pada tau semua deh! Hhee..), nebolang itu sebenarnya sama artinya dengan jalan-jalan. Tapi menurut gw (kalau salah tolong dikoreksi yaaa!), ngebolang itu merupakan bahasa gaul dan tidak termasuk kosakata yang sesuai dengan ejaan yang di sempurnakan dalam bahasa Indonesia. Kalu gak percaya, coba aja buka kamus bahasa Indonesia! Cari kata ngebolang, kayakanya gak akan ketemu deh.. x) Dari susunan katanya aja jujur gw sendiri udah agak bingung. Ngebolang terdiri dari kata bolang yang ditambah imbuhan nge- didepan. Kata bolang yang mulai terkenal karena merupakan salah satu judul acara di salah satu stasiun tv swasta (tapi gak tau deh sekarang masih ada apa enggak!) sebenarnya merupakan akronim dari kata Bocah Petualang. Jujur yang bikin gw bingung, selama ini orang-orang (termasuk gw!) menggunakan kata ngebolang sebagai kata kerja. Padahal akronim gak bisa ditambah imbuhan, apalagi berubah jadi kata-kerja! Hehehe.. Tapi karena sudah sering digunakan, ngebolang seakan-akan menjadi kosakata baru bagi orang-orang dan digunakan dengan makna yang berbeda-beda. Ada yang menganggap ngebolang itu berpetualang ke tempat baru atau hanya sekedar jalan-jalan untuk lebih mengetahui daerah tertentu, termasuk gw hari ini! =)

Awalnya, tujuan gw ngebolang hari ini biar gw lebih tau jalan-jalan di Jakarta buat persiapan nyari sponsor Smansa Day nanti. Tapi ternyata, gw mendapatkan lebih dari itu.

Berhubung hari ini anak-anak yang gw ajakin pada gak bisa, ada yang latihan Pandawa, CKM, sampai ada acara keluarga, akhirnya gw berangkat sama temen gw. Sebenarnya hari ini perjalanannya cukup singkat menurut gw. Gw ngebolang ke Pasar Baru, Keliling daerah Monas, dan sholat di Mesjid Istiqlal. Tadinya mau ke Taman Makam Pahlawan, tapi udah keburu sore dan ternyata gw jadi agak gak enak badan, akhirnya gw urungkan rencana gw.

Gw di Monas (for the first time! Hha)

Hahaha, kayaknya diantara teman-teman gw emang gw yang paling agak norak ngeliat Monas! Gimana gak norak, hari ini gw baru pertama kali mengunjungi Monas. Walaupun gw gak sempet naik ke atas karena penuh banget, setidaknya hari ini gw menyadari kalau Monas bener-bener gede banget! Hahahaha.. Soalnya selama ini khan gw cuma ngeliat Monas sekilas dari jalan, jadi gw kira Monas itu gak sebesar apa yang gw lihat! x)

Gw kecil banget!

Tapi hari ini, stasiun kereta api merupakan tempat paling berksesan buat gw! Gimana enggak? Gak berangkatnya gak pulangnya, stasiun kereta mampu ngebuat gw senyum-senyum sendiri sampai pulang!

Berangkat dari stasiun Bogor keadaan masih aman dan terkendali. Di kereta pun biasa aja. Gak ada masalah apa-apa. Tapi ketika sampai di Stasiun Juanda tempat gw turun, keadaan udah mulai gak beres. Waktu ditagih karcis sama pegutas stasiun di pintu keluar, temen gw udah jalan duluan keluar. Dengan santainya gw ngambil karcis yang tadi gw simpan di kantong jaket gw, dan ternyata, GAK ADA! Gw coba cari lagi dan akhirnya temen gw pun balik lagi ke belakang karna tau ada masalah sama gw. Gw coba cari di kantong jaket, tas, celana, dan hasilnya NIHIL! Sampai akhirnya gw bilang kayaknya karcis gw jatoh di kereta. Dengan tampang juteknya akhirnya petugas itu membawa gw ke suatu ruangan dan diserahkan ke petugas lain. Sampai akhirnya di ruangan tersebut terjadi percakapan antara gw dan petugas stasiun.

Petugas : Coba cari lagi karcisnya, soalnya saya kasihan,berat di dendanya!
Gw : (dengan panik mecoba mencari karcis di jaket, celana, sampai ngeluarin semua isi tas!)
Temen gw : Tenang tuth! Jangan panik, pelan-pelan nyarinya..
Gw : (mengulang mencari di tempat yang sama sambil berusaha nggak panik!)
Gw : (sambil masang muka memelas ditambah pucat yang gak dibuat-buat berusaha untuk tetap senyum) Kayaknya beneran gak ada deh Pak.. Jadi gimana Pak?
Petugas : (mengeluarkan peraturan yang tertera di karcis) Berarti kamu harus bayar 20 kali harga tiketnya, jadi Rp 120.000!
Gw : (menarik nafas dengan tampang pias)
Petugas : Tapi saya ngasih keringanan sama adek. Saya cuma mau ingetin adek biar gak ceroboh lagi tentang karcis. Tapi bener khan karcisnya hilang?
Gw : Iya Pak! Saya beli karcis kok, tanya aja temen saya Pak!
Petugas : Yaudah saya kasih keringanan. Dari 20 kali harga karcis, adek bisanya berapa?
Gw : (melihat ke arah temen gw)
Temen gw : (mengangkat bahu mengisyaratkan terserah gw)
Gw : Yaudah deh Pak, tiga kali harga tiket boleh gak Pak (dalam hati : berasa nawar harga di Pasar deh gw!)
Petugas : Yaudah, Rp 20.000,00 aja ya dek! Saya ngasih keringanan karena saya pengen ngingetin adek biar gak ceroboh!

Huaaa! Keluar dari ruangan itu temen gw tertawa yang membuat gw pun ikut menertawai diri gw sendiri! Hahahaha, gw malu banget! Pengalaman pertama ngebolang gw dibuka dengan kecerobohan gw! Hufh.. Gw bener-bener lagi diingetin sama Allah kalau kecerobohan gw selama ini lama-lama bisa sangat MERUGIKAN! Hehehe.. x)

Dalam perjalanan pulang pun stasiun merupakan tempat yang berkesan buat gw, tepatnya di Stasiun Kota. Kereta ekonomi ac menuju Bogor, paling terakhir yang bisa dikatakan tidak terlalu penuh berangkat pukul 14.50. Selebihnya berangkat pukul enam, jam-jamnya orang-prang pulang kerja. Gw dan teman gw pun memutuskan untuk naik kereta yang berangkat pukul 14.50. Tapi jam 14.30 kita masih ada di shelter Monas!

Temen gw : Tuth, berdoa yaa biar gak ketinggalan kereta..
Gw : Heuu! Mau lari gak nanti?
Temen gw : Kuat ?
Gw : Daripada ketinggalan kereta?!
Akhirnya gw dan temen gw benar-benar lari di Stasiun Kota. Dalam hati gw, coba direkam dibuat film dokumenter, kan kocak! Hahaha.. Alhamdulilah ternyata masih sempat, dan ternyata masih kurang lima belas menit lagi sebelum berangkat. Tadinya temen gw pengen keluar stasiun dulu mau beli sesuatu, tapi gw bilang nanti lagi aja deh. Dan ternyata benar! Pas banget setelah gw dan temen gw duduk, zreeeeg! Pintu kereta tertutup dan berangkat! Untung temen gw gak balik lagi keluar, bisa-bisa dia yang ketinggalan! Dan untuknya kita lari! Kalau enggak, hehehe.. x)

Teguran itu datangnya bisa darimana aja ya?! Hari ini gw seneng banget! Walaupun ngebolangnya singkat, tapi gw banyak banget dapet ilmu. Ilmu dari temen gw, ibukota, dan stasiun kereta! =)

1 komentar:

olaaa mengatakan...

huaa .. kok bisa c teh ??
baru mau ngebolang aja udah dapet pelajaran .. kereen .. hho . ;D