Jumat, 19 Desember 2008

An-Naba 2008!

28-30 November 2008

An-Naba merupakan singkatan dari Agenda Nyata Nafiri Bina Akhlak 2008. Kegiatan ini merupakan acara tahunan SMAN 1 Bogor yang diselenggarakan oleh siswa-siswi kelas XII yang bekerja sama dengan sekolah untuk siswa-siswi kelas XI. Tujuan An-Naba secara umum (menurut gw! hhee..) untuk meningkatkan dan menambah ilmu agama serta merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan untuk membentuk karakter angkatan. Tiap tahunnya, An-Naba diselenggarakan di luar sekolah dan menghabiskan waktu tiga hari dua malam.

Tahun ini, panitia An-Naba yang bertema "Karena Diriku Muslim Berharga" merupakan angkatan Gatotkaca yang diketuai oleh A'Azka (Selamat ya a', acaranya sukses!) dengan angkatan Rakit Bambu sebagai pesertanya. Kegiatannya diselenggarakan di Wisma Departemen Perhubungan (tepatnya gw lupa xp) dengan berbagai acara yang menurut gw penuh banget dengan manfaat! =) Alhamdulilah, dari tahun ke tahun An-Naba selalu memberikan pengarauh positif kepada setiap angkatan. Pengaruhnya dapat dilihat dari perilaku sehari hari, contohnya Rakit Bambu sudah mulai membiasakan salam saat bertemu, dan khususnya untuk akhwat, ada yang mulai berani berkomitmen menggunakan jilbab setelah An-Naba (Selamat ya Zahra! Mudah-mudahan kita sama-sama bisa tetep istiqomah dengan jilbab kita, amiin..). Selain manfaat angkatan, manfaat individu pun banyak banget dari kegiatan An-Naba yang mungkin gak bisa dilihat secara kasat mata, termasuk gw yang jujur dapet banyak pelajaran! =)

Buku Panduan An-Naba 2008

Banyak banget ilmu yang gw dapet dari An-Naba. Beberapa poin yang paling gw inget :
  • PEMENANG adalah orang yang SUKSES mencari jalan, sedangkan PECUNDANG adalah orang yang sukses mencari ALASAN.
  • PERUBAHAN itu selalu menimbulkan rasa TIDAK NYAMAN pada awalnya.
  • SABAR bukan berarti menanti, tetapi BERANI mengambil tindakan yang BERESIKO.
  • Manusia GAK PUNYA HAK untuk SOMBONG!
  • Orang yang kita SAYANGI adalah orang yang paling sering MENYAKITI hati kita.
  • Gw bersyukur dilahirkan dari keluarga SEDERHANA yang terus ngingetin gw tentang arti SYUKUR.
Dari sekian banyak ilmu yang gw dapet, sebagian besar ngingetin gw tentng apa yang telah gw perbuat dulu. Gw gak tau kapan gw dipanggil ama Allah, tapi yang jelas, gw belum berbuat banyak untuk nyiapin "bekel" gw. "Bekel" yang bakal ngebantu gw disana kelak.

Gw jadi inget masa-masa SMP gw dulu, masa-masa yang gw habisin buat mikirin seseorang yang sangat gw sayangi dengan hal-hal yang sangat berlebihan (buat sahabat-sahabat gw yang tau tentang hal ini, maksih udah mau ngedengerin cerita gw dan menjaganya sampai sekarang!)
. Dan sekarang, gw ngerasa bodoh banget pernah melakukukan hal yang sifatnya berlebihan itu. Hufh, masa-masa itu ngasih gw 1 keuntungan dari sekian banyak kerugiannya. Alhamdulilah Allah baik banget sama gw, Allah ngeliatin ke gw bahwa masa-masa itu akan lebih indah jika dikenang sebagai pelajaran, dan bukan untuk dilanjutkan.

*Terima kasih Ya Rabb, Engkau telah memperlihatkan kepada hamba bahwa ketika Engkau tidak memberikan hal yang hamba inginkan saat ini, Engkau pasti akan memberikannya di waktu dan tempat yang tepat yang ternyata jauh lebih indah dari hari ini. =)

Alhamdulilah, An-Naba pun telah mengingatkan gw untuk terus introspeksi diri dari hal-hal yang paling kecil dan hal-hal yang membutuhkan keberanian untuk memulainya. Mulai dari hal-hal kecil, gw punya hobi baru yaitu membiasakan salam dan senyum setiap bertemu dengan orang lain! Gw percaya, jika gw mau dihargai, hargai dulu orang lain, dan senyum serta sapa merupakan salah satu bentuk paling sederhana untuk menghargai orang lain =) Selain itu, Alhamdulilah karena An-Naba pula, gw berani berkomitmen untuk diri gw sendiri. Komitmen yang Insya Allah akan membawa manfaat untuk diri gw sendiri dan orang-orang di sekitar gw yang gw sayangi.

*Ya Allah, semoga hamba bisa tetap istiqomah dengan komitmen yang hamba buat, amiin.. =)

Makasih banyak buat aa' teteh Gatotkaca yang udah menyelenggarakan kegiatan An-naba untuk kami, semangat untuk Rakit Bambuku, tahun depan kita punya tanggung jawab sebagai panitia An-Naba! dan untuk Perisai Ksatria, doakan kami bisa menjadi panitia yang lebih baik lagi. =)

0 komentar: