Jumat, 19 Desember 2008

Pengumuman Lomba Karya Tulis UI . . .

29 November 2008

Gw lagi makan siang sama temen-teman kelompok An-Naba gw di kamar, sampai Nisop ngetok pintu kamar gw :

  • Nisop : Assalamualaikum, Tuti! Karya tulis kelompok Tuti juara 3!
  • Gw : Iya Sop? Alhamdulilah! Udah keluar ya di website?! (tetap duduk ditempat dengan senyum..) Nisop menang gak?
  • Nisop : Enggak Tut! (tetap tersenyum..)
  • Gw : Yahh, Nisop gapapa khan? (dengan tampang bingung harus senang atau sedih)
  • Nisop : Gapapa kali Tuth, Nisop khan cuma nyoba! Yaudah atuh keluar dulu ya Tuth! (keluar dan menutup pintu kamar)
  • Gw : Makasih ya Sop! (melanjutkan makan)
  • Idoth : Tuti juara 3 apa ?
  • Gw : Lomba karya tulis UI.. (diam dan baru menyadari kalau kelompok gw menang! =>)
Bu Vera, Deden, Rj, dan Gw

Gw langsung mempercepat makan gw sambil bilang "Alhamdulilah beneran khan juara 3?!" dengan senyum lebar yang mengembang. Temen-temen gw langsung ngasih selamat dan nanyain tentang lomba apa yang gw ikutin. Seperti yang udah pernah gw tulis sebelumnya, gw, Rj, dan Deden ikut Lomba Karya Tulis yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Farmasi Universitas Indonesia. Lomba yang beretemakan Perkembangan Tanaman Herbal di Indonesia ini merupakan salah satu rangakaian kegiatan dari acara Pharex 2008 (kegiatannya Himafar-UI). Gw, Rj, dan Deden sepakat memilih Tanaman Rosella sebagai tema karya tulis kami. Selain kelompok gw, Rj, dan Deden, SMANSA mengirimkan satu kelompok lagi yaitu Nisop, Bibah, dan Upay yang sayangnya belum berhasil (tetap semangat ya kawan!).

Nisop, Rj, Deden, Bibah, Upay, Gw

Setelah menjelaskan, gw segera cuci tangan dan keluar dengan niat ngasih tau Rj dan Deden. Sampai di pintu kamar gw baru inget kalau gw gak mungkin nyamperin Rj karena laki-laki dan perempuan lagi dijaga hijabnya (aduh, bodohnya gw! xp), dan gak enak kalau nyamperin Deden karna kayaknya juga lagi makan. Akhirnya, otak gw yang baru inget bahwa teknologi sudah sangat maju mendorong gw untuk mengambil handphone yang ada di tas buat sms Rj dan Deden. Untuk kesekian kalinya gw lupa kalau ternyata pulsa di handphone gw habis! Akhirnya gw minta pulsa ke Dania. Tapi, sebelum ngetik sms gw bingung lagi, gw harus ngetik kayak gimana? Jujur saat itu gw bingung apakah gw harus senang atau sedih. Soalnya, selama ini enggak tau kenapa, gw menyimpulkan dengan apa yang sering gw lihat dan gw dengar (maaf ya kalau kesimpulan tuti salah! hhee..) menurut gw kok anak SMANSA itu mentalnya mental Juara 1, bukan mental juara! Ngerti gak? maksud gw kayaknya menang gak menang ya harus juara 1, tapi bukan menang gak menang yang penting usaha! hhee.. Tapi atas bisikan logika gw yang berkata, "Tuth! Ini tuh lomba karya tulis lw yang pertama yang ahamdulilah bisa tembus 3 besar! Sombong banget lw kalau gak bersyukur?!" akhirnya tanpa mempedulikan kesimpulan gw yang sebenernya gak ada dasar hukumnya, gw mengirimkan sms ke Rj dengan bunyi :

Aslm, rj, udah tau belum?
Karya tulis kita juara 3!
Selang beberapa detik gw sms rj, langsung ada sms dari Rj yang memberitahu bahwa karya tulis kita juara 3! (aduh-aduh, sindrom 26 Februari kambuh terus!). Berhubung gw inget kalau pulsa gw habis dan Rj udah sms gw, gw pikir pasti Rj juga sms Deden, jadi gw gak ngehubungin Deden.

Hufh, habis itu gw diam. Gw senyum-senyum sendiri inget perjuangan gw, Rj, dan Deden ngerjain karya tulis itu. Dimulai dari persiapan nyari tema, minta bantuan Pak Dani, Bu Evi, Bu Vera, minum teh Rosella untuk pertama kali yang rasanya tak terdeskripsikan (hahaha, lebay ah!), rencana mau ke Cipaku dan LIPI buat minta saran penelitian, pembagian tugas, dan nyari literatur untuk karya tulis. Gak cuma sampai disitu, masalah muncul ketika deadline karya tulis diundur-undur tanpa kepastian, LIPI yang pindah ke Cibinong gak memungkinkan untuk ngebantu kita buat penelitian, dan ketika kita memutuskan untuk ngerjain karya tulis di rumah Deden, kurang lebih 3-4 hari (gw lupa!) gw dan Rj pulang malem terus yang meyebabkan masalah lain. Deden dimarahin oleh ayahnya karena tidur larut malam buat ngedit karya tulis padahal besok mau turnamen bulutangkis, Rj yang pulang dari rumah Deden jam 10 malam sms gw baru nyampe jam 11 malam, dan gw yang baru pulang dari rumah Deden jam setengah 10 sampai rumah dibentak-bentak ayah, ibu, dan kakak gw! Karena adanya masalah-masalah itu, ditambah gw, Rj, dan Deden yang semakin hari gak punya jadwal yang sama, ngebuat kita memutuskan untuk ngedit lewat YM dengan membuat conference. Namun, solusi itu bukan berarti tanpa masalah. Jujur gw gak konsen ngedit di YM karena disamping kanan gw ada kakak gw yang selalu ngebatesin gw pake internet dengan ngomel-ngomel (maaf ya masku!), dan Deden pun juga begitu. Deden dimarahin lagi gara-gara ngenet sampai malem. Hmfh, setelah kami kira bisa sedikit lega karena akhirnya karya tulis selesai di edit, masalah pun datang lagi.

Data akhir yang ada di Rj yang mau diprint di gw, gak bisa dikirim! Rj berkali-kali nyoba ke email gw tapi gak bisa! (Ya Allah, cobaan-Mu membuat kami banyak belajar!) Gw bilang masukin aja di flashdisk nanti flashdisknya gw bawa. Tapi ternyata, Rj lagi gak ada flashdisk, flashdisk Rj dibawa ibunya ke luarkota! Aduuh! Gw ama Rj bingung banget sampai kepikiran untuk ngeburn di CD. Tapi akhirnya Rj ngerelain pake mp3nya walaupun takut kena virus (Rj, mp3mu gak kena virus komputer TU khan?) Akhirnya, karena gak memungkinkan waktunya untuk ngeprint di rumah gw, jadi kita ngeprint di TU. Itu juga butuh perjuangan. Awalnya gw gak ngerti gimana nyari data di mp3nya Rj, soalnya gw gak pernah pake mp3! (hehehe, maap ya j, temanmu yang satu ini agak gaptek!) Tapi akhirnya dibantu sama Mas.. (aduh lupa nama!) yang ada di TU. Berkali-kali banyak halaman yang sudah terlanjur diprint padahal ada yang belum diedit sehingga kita harus ngeprint ulang. Gw dan Deden pun harus meninggalkan Kumat OSIS untuk menyelesaikan karya tulis ini. Namun akhirnya, Alhamdulilah! Karya tulis kami jadi 100%.

*Terima kasih Ya Rabb, Engkau Maha Menepati Janji! Setelah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan!=>

Dari sekian banyak kesulitan dalam penyusunan karya tulis itu, gw banyak banget mendapatkan pelajaran. Gw bisa lebih dekat dengan dua orang sahabat-sahabat gw yang hebat yang nawarin gw buat ikut lomba karya tulis ini. Gw belajar banyak dari mereka. Gw belajar tentang kerja keras, pengorbanan, niat, dan toleransi dari mereka. Kalau gak ada karya tulis ini, mungkin sekarang gw akan sedekat ini dengan mereka =) Penyusunan karya tulis ini juga ngingetin gw betapa mahalnya kepercayaan orangtua sehingga gw harus benar-benar bisa ngejaganya.

*Rj, Deden, makasih ya udah ngajak gw buat ikut lomba karya tulis ini bareng kalian. Kalau enggak, mungkin gw gk akan ngedapetin suatu pelajaran yang akan terus gw inget sampai saat ini =) Alhamdulilah kita juara 3, dan kita udah bisa ngasih sesuatu buat SMANSA! Gw percaya ini hasil yang terbaik dari Allah buat kita. Mudah-mudahan kita bisa lebih baik untuk kompetisi-kompetisi selanjutnya ya. Sekali lagi maaf ya kalau gw gak maksimal, tapi gw bangga pernah ikut lomba bareng orang-orang kayak kalian. Gw sayang kalian sahabat-sahabatku =)

Gw bangga punya sahabat kayak mereka

Selanjutnya tanggal 15 November 2008, gw, Rj, Deden, Nisop, Bibah, Upay, dan didampingi oleh Bu Vera datang ke seminar yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pharex di UI. Seminarnya tentang tanaman herbal untuk pengobatan dan kosmetik dari tanaman herbal. Kami ber-7 naik kereta ekonomi yang jujur saat ini merupakan pertama kalinya gw naik kereta ekonomi! (hhee, parah banget ya gw!) Tapi untungnya ada Rj, "premannya" Jakarta (hhe, maksudnya yang udah handal masalah seluk beluk Jakarta, khususnya kereta!) yang ngasih tau trik-trik jitu di dalam kereta ekonomi! =)

Seminar berakhir pukul 15.00 dan pengumuman lomba akan ditampilkan di website satu minggu setelahnya. Sebelumnya kita sempat foto-foto dulu di lapangan depan gedung administrasi UI yang merupakan salah satu universitas impian pelajar SMA.

Di depan Gedung Administrasi UI

Hufh, gw kangen ama UI.

*Ya Allah, apapun universitas atau perguruan tinggi setelah hamba lulus nanti, berikanlah hamba dan sahabat-sahabat hamba yang terbaik.

Gw dan salah satu mimpi gw!

Walaupun mungkin cuma sekedar mimpi, gw pengen kesana lagi, tapi bukan sebagai peserta lomba, tapi menuntut ilmu disana. Amin. =)

1 komentar:

mryanjunaldi mengatakan...

Assalamualaikum..

alhamdulillah ya tut.
kerja keras yang tidak sia-sia..
proses yang memiliki banyak makna..
dan hasil yang terbaik.. ^^

mudah"an kedepannya kita mendapat hasil-hasil terbaik lagi ya..
amin..