Sabtu, 27 Oktober 2012

Cerita Hari Ini - Satu Minggu yang Lalu

Selamat malam, Bogor.

Tepat satu minggu yang lalu, terhitung saat gw mengetikkan tulisan ini, gw menghabiskan malam yang sama dipelukanmu. Sama-sama berada di Bogor. Sama-sama masih dalam atmosfer UTS. Bedanya, buku PIO yang gw pegang hari ini, penuh dengan coretan stabilo dan tempelan post it. Sedangkan buku Metpenstat 2 yang gw tenteng-tenteng di tas minggu lalu, sama sekali gak gw sentuh.

Paginya, masih gw habiskan di Depok. Kalau Icha gak bangunin gw sambil bilang, "Teh, katanya mau ngisi materi di Bogor", mungkin gw gak akan bangun dan loncat dari lantai. Iya, lantai. Ketiduran masal bersama Icha, Nila, dan Ese setelah ngerjain proposal Metpen.

Hidup gw beberapa hari belakangan kayaknya penuh lari-lari. Literally LARI. Setelah kesiangan, dan harus mengingkari janji buat nemenin Ifan ngisi materi, gw lari ke gerbang pintu Kutek, naik ojek ke stasiun, sampai lari lagi ke peron ngejar kereta. Walaupun sampai di stasiun Bogor, gak lari juga sih sampai ke SMANSA nya -___-"

Sampai SMANSA, nyari tempat buat ngelanjutin slide presentasi di laptop. Disediain tempat sama Qorib dan Regia. Aldy turun dari aula ke bawah. Nemenin gw nyelesein presentasi. Lagi gak seantusias biasanya nyapa anak-anak. Slide ini harus selesai sebelum jam 3 sore ini. Sekarang? Jam 11, dan kalau boleh dibilang, belum dimulai sama sekali.

Ifan dan Ditho turun dari aula menghampiri gw. Gw nyapa sekenanya masih sambil melototin laptop. Seperti biasa, tau gw lagi gak santai sama si slide presentasi ini, tanpa diminta Ditho nyodorin botol minumnya. Nyuruh gw minum. Nanya gw udah makan atau belum. Dan nawarin beliin makanan pas tau gw belum sarapan.

Ini Ditho. Ketua umum gw.

Setelah ngobrol sebentar, dan tentu saja gw masih melototin si slide ini, Ditho pamit duluan. Harus nganterin nyokap sebelum nanti malem balik lagi ke sini. Ifan juga harus pamit duluan, melanjutkan pekerjaannya, literally pekerjaan, di Mampang sebelum nanti malam balik ke sini lagi.

Ini Ifan. Observasi dan Pengembangan gw.

Tinggalah gw dan Aldy. Aldy bantuin gw nyelesian presentasi. Lebih tepatnya, bantuin bikin gw ketawa-ketawa karena gw terlalu serius sama si slide. Jam menunjukkan pukul 13.00. Slide masih belum beres. Gw masih sama Aldy dengan si slide presentasi. Ditambah satu kerjaan lagi, nunggu Aufa yang, gw tangkep dari smsnya, udah di jalan menuju ke sini.
Gw : Dy, katanya lw harus jemput Siska. Jemput dulu gih sana.
Aldy : Nanti ah. Nungguin lu beres bikin slide dulu.
Satu jam kemudian.
Gw : Dy, lw nungguin gw mah gak beres-beres, kasihan Siska nungguin.
Aldy : Kasihan lu nya sendiri, Tuth. Gua nunggu sampai Aufa dateng dulu biar lu ada yang nemenin. Baru gw jemput Siska.
Ini Aldy. Bendahara umum gw.

Sayangnya, Aufa ditungguin gak dateng-dateng. Di paragraf selanjutnya, kita akan mengetahui kenapa Aufa gak dateng-dateng. Setelah gw yakinkan kalau gw gak masalah sendirian nyelesain slide presentasinya, Aldy pun berangkat ngejemput Siska.

Gw masih berkutat dengan si slide presentasi. Sambil senyum-senyum ngedengerin berantem-becandaannya  osdem dan BPPKO di ruang panitia. Sampai akhirnya, Aufa datang.
Gw : Heh, kemana aja Fa baru dateng. Katanya udah di jalan dari tadi?
Aufa : Emang gw bilang udah di jalan, Bos? Khan gw bilang segera ke sana.
Gw : Lah, gw khan mikirnya kalau segera udah mau berangkat dari rumah.
Aufa : Hahaha, segeranya gw khan beda. Waktu itu variabel, Bos. Punya nilai yang berbeda-beda untuk setiap orang.
Ini Aufa. Kabid 5 gw.

Brainstorm sama Aufa. Tentang slide. Tentang PR yang belum selesai. Ngomongin goal, metode, nilai, debrief, jembatan. Emang paling-paling lah brainstorming sama Aufa. Semua kosakata yang ada di Fisika dan Psikologi keluar semua. Dan percakapan yang paling gw suka,
Aufa : Sekarang kita harus satu frame dulu nih, Bos, tentang goalnya. Kalau udah satu frame, baru ngomongin metodenya. Bener gak?
Gw : Bener, Fa, bener banget.  (muka nya masih ragu)
Aufa : (menangkap keraguan yang tampak di muka) Bener gak nih, Bos?
Gw : Bener sih, Fa. Bener banget. Bener tapi belum tentu gw terima loh..
Aufa : -____-"
Gak semua orang bisa menerima kebenaran khan, Fa? ;)

Jam 15.30. Aldy kembali. Waktunya masuk aula ngisi materi bareng Aufa dan Aldy. Senyum-senyum ngeliat calon OSIS nya yang narik nafas dan menghela nafas waktu ngeliat sosok-sosok yang gw presentasiin. Capek ya, Dek ngeliatnya? Kebayang lah ya gimana capeknya gw yang bikin slide dan denger ceritanya langsung :)

Materi selesai. Maul datang. Gw, Aldy, Aufa, dan Maul berangkat ke Pak Ewok. Makan. Pernah jadi sharer dan ngisi materi? Pernah nemu kondisi se-capek itu karena energi dan emosinya habis setelah ngisi materi? Kondisinya, sore itu gw lagi se-capek itu. Malam sebelumnya bergadang ngerjain proposal Metpen. Malam sebelumnya bergadang nyelesain PR untuk malam ini. Emosinya lagi gak sestabil itu, yang sebenernya bisa bikin gw marah-marah ke mereka karena sempet ngerasa ditinggal sendirian. Hebatnya, sama mereka-mereka ini gw gak bisa benar-benar marah. Di paragraf-paragraf selanjutnya, kita akan tahu bahwa ternyata gw emang gak seharusnya marah karena gw emang gak pernah berjuang sendirian.

Selama di mobil, pas makan, dan perjalanan pulang, otak gw masih ketinggalan di SMANSA. Masih ada PR yang belum selesai untuk malam ini. Waktu makan gak nemu benang merahnya dari PR yang belum selesai. Makin puyeng lagi, di mobil saat perjalanan pulang ke SMANSA, gw lagi pengen mikir cepet, bergesekan dengan Aufa yang masih dengan berpikir konstruktifnya, tapi Aldy nambahin pikiran dengan situasi yang gak relevan dengan yang kita omongin. Paniklah gw. Sampai tiba-tiba, a-b-c itu dengan manis disimpulkan oleh Maul.
Maul : Yaudah yaudah, sekarang gini aja. Kita pake usul Tuti dan Aufa. Dan yang lu bilang Dy, kita terima aja kalau kita emang kayak gitu.
Ini Maul. Kabid 7 gw.

Sampai SMANSA, gw lari (tuh khan, hidup gw lagi bener-bener lari-larian belakangan ini). Nyamber laptop, masuk kelas. Menyelesaikan PR yang diselesaikan dengan manis oleh Maul.

Satu-satu orang-orang yang memenuhi daftar panjang orang yang gw sayang berdatangan. Dan gw, se-capek itu untuk menyapa dengan kegembiraan seperti biasanya. Pelan-pelan ambil posisi di pojok, buka buku Metpen. Ditutup lagi.

Pukul 01.30. Duduk melingkar di kelas. Bersama Ujhee, Nisop, Aufa, Opik, Dimash, Maul. Gw gak duduk. Meringkuk di lantai. Tidur. Menutupi badan dengan jaket Maul dan jaket Nisop. Tumbang. Membiarkan selanjutnya urusan ini, diambil alih oleh mereka. Dan di sini, gw tahu kalau gw gak pernah berjuang sendiri.
Dimash : Si Tuti mana?
Opik : Ini, dibalik jaket. Biarin aja si Tuti tidur. Kasihan capek.
Ini Opik. Kabid 3 gw.

Gw bangun. Di hadapan gw ada Nisop dan A'Fadlan. Masih dengan muka bantal lantai ngambil chiki karena kelaperan. Di tengah sadar gak sadar curhat colongan ke A'Fadlan. Di tengah sadar gak sadar pula gw disadarkan sama A'Fadlan.
A'Fadlan : Tuti mah masih punya banyak kesempatan, Tuth.
Ini A'Fadlan. Ketua 2 gw.

Iya A. Gw punya. Banyak. Terima kasih :)

Pukul 02.00. Pekerjaan besar ini dimulai. Bukti gw gak pernah berjuang sendiri? Masing-masing dari kami, tahu apa yang harus kami lakukan. Tahu ada rasa cinta yang sama yang harus disalurkan. Saking besarnya rasa cinta masing-masing, sudah cukup besar untuk membuat gw tidak harus berbuat apa-apa pagi itu. Gw hanya duduk di tengah lapangan. Menyerahkannya pada mereka yang sama-sama se-sayang itu sama adik-adiknya. Mendengar lagi teriakan ketegasan atas nama cinta. Langitnya bagus. Ya Allah, semoga malam ini adik-adinya paham, kalau kakak-kakaknya se-sayang itu sama mereka.
Ujhee : Mana kordinasinya?! Dikasih kesempatan pertama, leye-leye! Dikasih kesempatan kedua masih leye-leye juga! Hey! Mau jadi apa OSIS nya?! Mau jadi apa?!
Ini Ujhee. Sekretaris Umum gw.

Iyel-iyel OSIS pun menggema. Pekerjaan besar itu telah usai. Gw lari, lagi. Menghampiri Opik dan Dimash. Kalau ada yang harus gw peluk malam itu, ya mereka berdua. Tapi menjabat tangan mereka yang penuh peluh saja, sudah lebih dari cukup untuk tahu... kita punya rasa sayang yang sama besar untuk mereka. Terima kasih Pik, Dim, terima kasih banyak.
Dimash : BT gw. Gw teriak OSIS gak ada yang nyahut.
Ini Dimash. Ketua 2 gw.

Pukul 06.00.
Gw : Semuanya, gw pulang duluan yaa. Ngejar kereta ke Depok lagi nih.
Nisop : Sendiri, Tuth? Aku anterin aja pake motornya siapa gitu.
Ini Nisop. Kabid 4 gw.

Selamat malam, Bogor.

Bisa bayangkan gak rasanya jadi gw? Gw segitu disayangnya sama mereka. Mereka-mereka dan kelakuan-kelakuannya lah yang bikin gw dengan pe-de nya bilang, kalau gw gak pernah berjuang sendirian. Hari ini 27 Oktober 2012. Kincir itu berulang tahun yang ke-4. Mereka berulang tahun. Kami berulang tahun.

ini mereka, ini kami, ini kita

Selamat ulang tahun ya, kita. Jangan lupa pulang untuk adik-adiknya. Jangan lupa pulang untuk kita. Tiap SMANSA Day, tiap BLDK :)

***
"Tuth, lo Windmill banget ya?"
Beberapa waktu lalu sempet ditanya gitu sama sahabat gw. Cuma gw jawab dengan senyuman. Lebih karena nadanya bukan seperti sebuah pertanyaan, tapi pernyataan. Kalau pun itu sebuah pertanyaan, boleh gw jawab sekarang?
"Iya, gw Windmill banget. Lebih tepatnya, OSIS SMANSA banget"

5 komentar:

Mu'minah Mustaqimah mengatakan...

teeh, sesuatu sekali :') seneng bacanya. makasih banyak ya teh, untuk waktunya buat dateng ke BLDK kemarin, hehe. banyak loh yang dari dulu pengen kenalan sama t tuti :p

yang a Dimash teriak OSIS tapi gaada yang nyahut itu punten pisan, soalnya akhir akhir ini kita biasanya yel yel awalnya 'tiga dua satu' baru OSISnya bareng bareng... jadi kemaren nggak ada yang ngeh hehehe punten ya teh tolong sampein maaf juga ke a Dimash :p

Annisa Dwi Astuti mengatakan...

@mae : halo mae :) hatur nuhun sudah berkunjung. sama-sama sayang :) gw datang ke BLDK mah udah jadi keniscayaan sayang. oia? hehe, jadi malu saya :P

iya mae, kita-kita juga mikirnya gitu. soalnya emang ada sedikit pergeseran komando, jadinya pada bingung. insya allah nanti disampein ya :)

nanti kalau aku lagi di smansa, aku boleh main-main ke sekret yaa :D sampe ketemu mae :)

Anonim mengatakan...

keren!

Shanti mengatakan...

wah sekarang jadi "3 2 1" lagi ya komandonya.. padahal pas OSISnya siapa gitu udah dibalikin jadi "OSIS!" lagi komandonya

Annisa Dwi Astuti mengatakan...

@anonim : halo mas anonim :)

@teh cune : iya euy teh. kayaknya pas jaman windmill teh dibalik lagi, soalnya pas jaman zeppelin tuti masih ngerasain 3,2,1.