Sabtu, 27 Oktober 2012

Selepas 20 Hari

Hari ini selepas 20 hari sejak BKUI 13 berlangsung. Gak ada acara radiv jam setengah 7 malem lagi. Gak ada acara bolak-balik Perpus Pusat lagi. Gak ada acara bolak-balik Kantek lagi. Termasuk, gak ada acara bolak-balik Pusgiwa lagi. Untuk bolak-balik yang terakhir ini, berharap besar dapet kesempatan untuk bolak-balik ke sana lagi. Kangen suasananya.

Yang ada, akhirnya untuk pertama kalinya ngeliat Kak Iib, ketua panitia BKUI 13, berseliweran di Psikologi sebagai senior gw di kampus. Segitu habis kelas langsung berangkat ke Pusgiwa ya, Kak? :P

Di antara sekian banyak keseruan selama BKUI 13, ada satu cerita yang tertinggal. Yang lewat dan yang ingin diingat. Cerita tentang roadshow BKUI 13, di kandang sendiri.

Roadshow di SMANSA dilaksanakan dua kali di dua hari yang berbeda. Roadshow dilaksanakan ketika UI sudah maksud kegiatan perkuliahan. Jadi, SDM nya sesedikit itu. Dua orang tiap kelas untuk hari pertama, dan.. gw sendiri untuk hari kedua. Gak kuliah, Tuth? Jangan ditanya.

Roadshow sebelum-sebelumnya berisi penjelasan. Penjelasan tentang ada berapa kampus UI, ada berapa fakultas dan jurusan di UI, ada fasilitas apa saja di UI, apa perbedaan program studi di UI, dan sebagainya dan sebagainya.

Kebetulan gw dipercaya jadi penanggungjawab roadshow di SMANSA sama PJ titik Bogor gw. Gw yang ngurus bolak balik perizinannya ke BK. Termasuk, gw yang pada akhirnya mengkondisikan roadshow di SMANSA sebagai tempat pembuktian, bukan penjelasan.

Sepengetahuan gw, anak SMANSA segitu beruntungnya kalau masalah informasi tentang perguruan tinggi. Segitu juaranya. Segitu kakak-kakak kelasnya yang udah lulus, baik formal maupun informal, membanjiri terus informasi tentang apa dan bagaimana dunia perkuliahan. Segitu guru-guru BK nya up-to-date tentang kabar perguruan tinggi. Segitu tiap jurusan, fakultas, dan universitas, baik dalam dan luar negeri berlomba-lomba pengen presentasi masuk kelas untuk promosi.

Akhirnya, gw putuskan roadshow di SMANSA bukan terdiri dari penjelasan-penjelasan, berubah jadi pertanyaan-pertanyaan, untuk membuktikan ada yang segitu-harusnya-untuk-disyukuri :)
"Ada yang tau kampus UI ada di mana aja?"
Banyak tangan terangkat.
"Ada yang tau ada berapa fakultas di UI?"
Banyak tangan terangkat.
"Ada yang atau ada fasilitas apa aja yang bisa digunakan anak UI?"
Banyak tangan terangkat.
"Siapa yang udah pernah ke Perpustakaan Pusat UI?"
Banyak tangan terangkat.
Gilanya, pertanyaan iseng gw pun ada yang mengangkat tangan.
"Ada yang bisa nyebutin seluruh fakultas di UI lengkap beserta warna makaranya?"
Satu orang mengangkat tangan. Sempurna menyebutkan seluruh fakultas beserta warna makaranya. Hanya warna makara Fakultas Farmasi, fakultas paling baru milik UI, yang terlewat disebutkannya. 

Selain ada yang gila, ada juga yang lucu.
"Di sini ada yang udah beli tiket BKUI 13?"
Rata-rata di setiap kelas, setengah dari total siswa yang ada di tiap kelas, tangan nya terangkat semua untuk pertanyaan ini.
"Beli nya yang harganya berapa?"
Rata-rata menjawab yang Rp 23.000. Harga tiket early bird yang dijual sejak pertengahan bulan Juli lalu. Gw roadshownya? Bulan September.
"Buat yang udah beli tiket? Ada yang tau acara BKUI kayak gimana?"
Gak ada yang ngangkat tangan satu pun.
"Jadi, kalian beli tiket tanpa tahu acaranya kayak gimana?"
Subhanallah. Segitu percayanya ya kalian sama BKUI :)

Pertanyaan demi pertanyaan memenuhi Roadshow. Penjelasan hanya diberikan di bagian perbedaan program studi, biaya masuk, dan cara membeli tiket. Penjelasan tentang UKM? Gw hanya menyandingkan BEM dengan OSIS, DPM dengan MPK,  Liga Tari dengan Tarkar, Paragita dengan Vocsa, SUMA dengan Bullets, Mapala dengan PPRPG-SS.

Closing statement di setiap kelas, selalu gw yang (sengaja) mengambil alih. Dengan isengnya, gw menutup roadshow dengan kalimat...
Waktu MOS dulu, mungkin ada orang-orang yang pernah berpesan ke kalian, jangan batasi diri kalian...
Tepat setelah gw menyebutkan empat-kata-terakhir di kalimat ini, semua raut wajah di hadapan gw, tanpa dikomando serempak berubah. Tersenyum pernuh makna. Menghela nafas. Bahkan ada beberapa yang merubah posisinya. Seolah empat kata tersebut secara berjamaah mengembalikan masing-masing ingatan mereka di masa tiga tahun yang lalu.

Ah, sosok-sosok itu selalu punya ruang di hati banyak orang, ya :)
Dan sekarang, BKUI 13 mau berpesan... Break Your Limit! Kami tunggu tanggal 6-7 Oktober 2012 di Balairung. Kami tunggu di UI  tahun depan.
Terima kasih untuk antusiasmenya, Meriam Baja. Terima kasih untuk membeli tiketnya. Terima kasih untuk kehadirannya di BKUI 13. Paling penting dari semua ini, terima kasih untuk tidak mau menutup kemungkinan.

***

Ini adik gw yang hafal semua nama fakultas beserta warna makaranya

Namanya Regia. Jas hitam yang Regia pake, gw juga punya. Sekarang tergantung rapi di lemari rumah. Jakun yang gw pake? Semoga  kelak tergantung juga di lemarimu ya, Gi. Tapi warna makaranya, lebih tua dari punya gw, amin.

Siapapun yang baca postingan ini, boleh ikut bantu meng-amin-kan cita-cita adik gw yang satu ini? Hatur nuhun :)

***

Kemarin, salah satu senior gw di BKUI 13 ulang tahun. Senior gw di BKUI yang pertama kali nge-follow gw, pertama kali nge-add facebook gw, yang nitip pesen untuk nularin semangat ke temen-temen BKUI yang lain, yang setulus itu waktu ngasih selamat waktu gw jadi panitia terbaik, yang mau banget foto di sebelah gw waktu BKUI 13 berakhir (ayo ngaku, Kak! Hahaha :P), yang ngutip kata-kata gw di blog tanpa mention gw, dan yang ternyata sekarang jadi silent reader gw.

Dan yang kalau gw perhatiin, yang ternyata se-cinta itu sama BKUI :)

Selamat hari lahir Kak Anda! Sukses untuk kehidupan tingkat akhirnya dan kehidupan dunia-akhiratnya. Semoga apa-apa yang selama ini diidam-idamkan, menjadi kenyataan : menjadi ganteng.

0 komentar: