Senin, 09 Maret 2009

Islamic Book Fair 2009!

8 Maret 2009


Hari ini gw ngebolang lagi. Gw, Nisop, Aii, Aufa, dan Bibah hari ini pergi ke Islamic Book Fair di Istora Senayan. Sebenarnya Aufa-yang mencetuskan ide buat ngebolang hari ini-ngajak banyak orang selain kita. Tapi berhubung pada gak bisa, jadi kita cuma pergi berlima.


Nisop, Gw, Aufa, Bibah, Aii di Islamic Book Fair


Awalnya kita mau berangkat dari Bogor naik kereta ekonomi-AC jam 09.00. Berhubung budaya ngaret orang Indonesia yang sudah tidak terelakkan, akhirnya kita baru berangkat dari Bogor jam 09.43 WIB x)


Islamic Book Fair yang diadakan sejak tanggal 28 Februari lalu sampai tanggal 8 Maret hari ini merupakan kegiatan yang kedelapan yang pernah diselenggarakan. Kegiatan yang diselengrakan di Istora Senayan ini merupakan pameran buku islam (tapi ada juga buku umum kok!) yang diisi oleh beberapa penerbit dan toko buku yang cukup ternama. Mulai dari Mizan, Gema Insani, Bentang Pustaka, Republika, Gramedia Pustaka, dan masih banyak lainnya. Bagi orang-orang yang suka membaca-khususnya buku islami- tidak berlebihan jika dikatakan Islamic Book Fair ini surganya buku, karena begitu banyaknya jenis buku yang ditawarkan dan dijual. Mulai dari Al-Quran, Fiqih, Psikologi Islam, Novel Islam, Tafsir, Majalah, dan sebagainya.


Setelah sampai disana, berhubung Nisop belum sarapan jadi kita memutuskan untuk makan terlebih dahulu. Setelah mau memutuskan makan dimana, yang membuat gw heran, semuanya memesan minuman yang sama (kecuali gw!). Minuman yang bener-bener gw gak suka, jus alpukat! Hehehe..


Makan siang di Istora!


Setelah makan, kita langsung masuk ke Istora! Subhanallah, gw benar-benar merasa nyaman disini. Bukan nyaman dengan keadaan yang berdesak-desakan dan suhu yang panas. Tapi gw nyaman ketika gw sadar gw berada di tengah-tengah begitu banyaknya orang muslim. Orang muslim yang tidak lain adalah saudara seiman gw. Mereka pun datang kesini untuk menggali ilmu lewat buku-buku yang dipamerkan. Buku-buku yang penuh dengan ilmu-Nya yang pasti.


*Ya Allah, jadikanlah perjalanan orang-orang yang melangkahkan kakinya kesini untuk mencari ilmu-Mu sebagai salah satu bentuk ibadah kepada-Mu. Amiin.


Awalnya gw dan lainya berkeliling berlima. Sampai akhirnya Aufa terpisah. Bibah bersama Aii, dan gw bersama Nisop. Tapi akhirnya gw berempat (selain Aufa) bertemu lagi. Namun karena jiwa ngebolang gw sedang tidak bisa terbantahkan (hahaha, lebay!) akhirnya gw memutuskan untuk berkeliling sendiri.


Gw berkeliling mulai dari ruang Cempaka 1-6, ruang Kenanga 1-6, sampai akhirnya tiba di pusat keramaian di Istora. Di sana gw melihat Tedy Syah dan Rina Gunawan yang sedang melakukan talkshow. Berhubung gw tidak terlalu fanatik dengan selebritis, akhirnya gw berlalu setelah mengambil beberapa foto. Gw pun melanjutkan perjalanan gw. Gw pun membeli sebuah buku yang menarik perhatian gw dan harganya relatif murah. Judulnya Rindu yang Berujung Surga, Untaian Kisah yang Membangkitkan Cahaya Iman Saat Ia Berada di Titik Jenuh. Gw pun berkeliling lagi. Sebenarnya kaki gw udah sakit banget. Tapi gak tau kenapa tumpukan buku di kanan kiri membuat gw terus bersemangat untuk berkeliling. Sampai akhirnya Nisop sms gw dan bilang kalau mereka bertiga sudah ada di pintu keluar.


Gw di Islamic Book Fair 2009!


Tiba di pintu keluar, gw sedikit berbelok ke stand Penerbit Republika dan tersenyum lebar ketika melihat tumpukan buku karangan Tere Liye. Gw melihat novel Hafalan Shalat Delisa yang sudah di recover, Moga Bunda Disayang Allah, Bidadari-Bidadari Surga, dan Sang Rembulan. Sampai akhirnya terjadi percakapan singkat antara gw dan mbak penjaga stand.

Mbak : Siang, Dek! Udah baca Hafalan Sholat Delisa, Dek?

Gw : Udah dong Mbak! Saya nangis gak berhenti-berhenti coba mbak baca novel itu! Mbak nangis gak?

Mbak : Iya, nangis juga! Keren Banget! Kalau Moga Bunda Disayang Allah udah baca?

Gw : Itu juga udah Mbak! Tapi masih lebih keren Hafalan Shalat Delisa

Mbak : Iya emang. Mmh, kalau gitu udah baca Sang Rembulan?

Gw : Yaah, Mbak! Jangankan Sang Rembulan, Bidadari-Bidadari Surga aja belum Mbak! Sekarang lagi mikir-mikir mau beli apa enggak. Kata Mbak mending beli apa enggak? (Hahaha, pertayaaan bodoh sebenarnya! Ya jelas pasti jawabannya disuruh beli!)

Mbak : Beli aja, Dek! (Tuh khan bener! XP) Mumpung lagi diskon. Kebetulan ada Tere Liye nya loh! Tuh disebelah kasir!

Gw : Haah?! (ceritanya mah kaget! Tapi emang kaget beneran sih!) Yang bener Mbak? Yang pake baju abu-abu itu ya Mbak?

Mbak : Iya, Dek! Dia dateng sama istrinya, tapi istrinya lagi keliling-keliling.

Gw : Sama istrinya? Yaaaah.. (Hahaha, apa coba maksudnya!) Jadi saya beli gak ya Mbak? Aduh saya jadi deg-degan ni Mbak?! (Hahaha, kelebayan gw yang ke2!)

Mbak : Udah beli aja, Dek! Gak bakal rugi kok.

Gw : Bener ya Mbak?! Nama Mbak siapa? Ntar kalau ternyata gak seru saya nuntut Mbak aja ya? Hehehe..

Akhirnya gw ke kasir dan memutuskan untuk membeli Novel Bidadari-Bidadari Surga setelah meninggalkan Mbak-Mbak penjaga stand yang tersenyum karena tingkah gw. Setelah gw membayar buku dan ketika Tere Liye mau menandatangani buku gw, terjadi percakapan singkat antara gw dan Tere Liye.

Gw : (dalam hati : aduh gw deg-degan! Bismillahirahmanirrahim!) Mas, makasih ya buat biografinya waktu itu yang dikirim lewat email.. =)

Tere : Biografi? Biografi yang mana ya?

Gw : Itu loh mas, saya khan minta tolong ke Mas buat ngirimin biografi Mas waktu saya mau ngeresensi novel Hafalan Shalat Delisa buat latihan lomba resensi novel. Makasih ya Mas..

Tere : Ooh..

Gw : (dalam hati : seneng banget karena diingat! XP)

Tere : Mmh, kamu yang mau bikin skripsi itu ya?

Gw : (Gubrak! Heuheu..) Bukan Mas, saya yang mau ikut audisi lomba resensi novel..

Tere : Mmh..

Gw : (dalam hati : berharap diingat!)

Tere : Wah, saya lupa tuh yang mana..

Gw : (dalam hati : Hahaha, pertanyaan bodoh nomor 2! Jelas lah Tuth dia gak inget! Penulis Best Seller khan banyak yang ngehubungin lewat email! Mana mungkin dia inget sama lw! Hehehe..) Hehehe, lupain aja Mas! Yang penting makasih ya Mas.. =)

Tere : (sambil memberikan buku gw) Semoga bermanfaat ya!

Akhirnya ngebolang gw pun di Istora ditutup dengan kekonyolan gw di stand Penerbit Republika. Hehehe =) Setelah itu, gw dan yang lainnya akhirnya memutuskan untuk segera pulang dan sholat di museum Fatahillah, Kota Tua.


Perjalanan pulang dari Istora!


Perjalanan ngebolang gw dan lainnya pun berlanjut di Kota Tua! Berhubung gw baru pertama kali ke Kota Tua, akhirnya gw pun mengabadikan setiap sudut Kota Tua dengan kamera gw. Sepanjang perjalanan di Kota Tua pun tiada menit tanpa foto! Hahaha..


Gw dan Aii di Kota Tua


Nisop di Kota Tua


Aufa dan Bibah di Kota Tua


Berhubung baru pertama kali gw kesana, jadi kesan pertama buat Kota Tua adalah klasik. Gw seneng sama pemandangannya. Gw seneng sama suasananya. Disana terdapat beberapa museum bersejarah yang menjadi saksi perkembangan peradaban kota Jakarta. Disana pun terdapat kendaraan, kesenian, dan makanan tradisonal yang melengkapi keindahan Kota tua di Minggu sore. Ternyata Indonesia punya kok kekayaan sejarah yang gak kalah dengan negara lain. Pertanyaanya, bagaimana meningkatkan rasa bangga kita terhadap sejarah bangsa sendiri? Mudah-mudahan bisa jadi refleksi buat kita semua, khususnya gw.


Gw dan Aii di tukang kerak telor Kota Tua


Kesenian Kuda Lumping yang dipertunjukkan di Kota Tua


Sepeda "jaman dulu" yang disewakan di Kota Tua


Pukul 16.00 akhirnya kita memutuskan untuk pulang. Makasih buat Aufa, Bibah, Aii, dan Nisop yang udah membuat gw tersenyum dan belajar banyak hari ini. =)


Satu hal yang tidak kalah penting. Hari ini gw mendapat satu pelajaran.Pelajaran yang mungkin hanya gw yang merasakannya. Gw menyadarinya ketika gw duduk di KRL Pakuan Ekpress pukul 16.45 di perjalanan pulang. Gw tersenyum hingga gw terlelap dan bergumam dalam hati : ”Terima kasih Ya Rabb, Engkau telah memberikan hamba hari ini untuk membuka mata hamba.”

2 komentar:

Anonim mengatakan...

tggal 14 maret 2010 mo kesitu lg ga ? hhe

Annisa Dwi Astuti mengatakan...

@ anonim : ooh, emang tahun ini tanggal 14 ya anonim? kalau ditanya mau, gw sih pengen, tapi moal boleh kayaknya, dan lagi gak mau cari perkara nih anonim, hehehe.. :)

lw mau kesana?