Senin, 09 Maret 2009

Sejarah Singkat FKOB . . .

5 Maret 2009

Lambang FKOB

Forum komunikasi OSIS Bogor atau yang biasa disingkat FKOB pada awalnya merupakan perkumpulan ketua-ketua OSIS di Kota Bogor. FKOB yang awalnya bernama FKPB atau Forum Komunikasi Pelajar Bogor didirikan antara tahun 1999-2000 oleh Kang Miftahudin. FKPB didirikan dengan memiliki beberapa tujuan, antara lain:
  1. Menjadi organisasi pelajar yang dapat meratakan pola kaderisasi pengurus di OSIS setiap sekolah dan meratakan program kerja di masing-masing sekolah pada umumnya.
  2. Memfasilitasi pertukaran informasi antar sekolah di Kota Bogor.
  3. Berperan sebagai jalur koordinasi OSIS pada masing-masing sekolah di tingkat Bogor.
  4. Memiliki program kerja yang mampu meningkatkan daya tarik pelajar di Kota Bogor dalam bidang-bidang seperti ekonomi, sosial, budaya, politik, pertahanan, keamanan, pendidikan, dan kemasyarakatan.

Berdasarkan tujuan-tujuan tersebut FKPB pun tidak jarang menyelenggarakan kegiatan yang bersifat monumental seperti hari besar nasional dan penggalangan dana sosial untuk bencana alam. Satu tahun setelah berdiri terjadi kekosongan kepengurusan yang menyebabkan nama FKPB tidak terdengar. Pada tahun berikutnya, FKPB direaktifasi dan berganti nama menjadi FKOB sampai sekarang. Selain itu, anggotanya pun tidak terbatas ketua-ktua OSIS saja, tetapi pengurus OSIS yang lainnya juga.

Pada dasarnya, FKOB tidak wajib menyelenggarakan kegiatan atau acara. Namun, FKOB berhak turut menggarap dan menjabat dalam kegiatan yang memiliki ruang lingkup se-Kota Bogor. Adapun kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan FKOB bersifat netral dari segala bentuk dan unsur politik. Sampai saat ini FKOB pernah mengadakan beberapa kegiatan yang bersifat kedaerahan seperti Peduli Korban Jogja. Selain itu, FKOB pun menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang ada kaitannya dengan isu-isu internasional seperti Hari Aids dan Hari Air Sedunia.

Pendiri FKOB memiliki harapan agar FKOB dapat menjadi organisasi yang lahir sebagai kendaraan pencetak pemimpin-pemimpin masa depan. FKOB pun harus mampu menjadi embrio OSIS di Kota Bogor yang dapat tumbuh dan berkembang menjadikan OSIS di Kota Bogor lebih baik.

FKOB secara langsung dibawahi oleh Dinas Pendidikan Kota Bogor dan memiliki jalur langsung di bawah seksi kesiswaan. FKOB merupakan mitra pemerintah daerah dalam menyelenggarakan event-event besar atau upacara-upacara besar.

Sistem keanggotaan FKOB adalah sebagai berikut :
  • Anggota Muda, yaitu pengurus OSIS se-Kota Bogor.
  • Anggota Biasa, yaitu anggota OSIS yang aktif memajukan FKOB.
  • Anggota Kehormatan, yaitu mantan pengurus FKOB yang mengabdikan diri dan tergabung dalam Purna Bakti Mahardika.

Masa kepengurusan FKOB selama satu tahun. Adapun masa keanggotaan FKOB seumur hidup. Sampai saat ini, FKOB telah memilinggi anggota kurang lebih 500 orang.

0 komentar: