Senin, 22 November 2010

Ayamku, riwayatmu kini?

21 November 2010

Gw pertama kali ngeblog sekitar dua setengah tahun yang lalu.

Kalau boleh flashback sebentar, dulu sebelum gw memutuskan masuk OSIS di kelas X, gw pernah iseng nyari informasi tentang sistem regenerasi OSIS yang dulu hanya gw tau WAW banget. Gw nyari dibantu oleh mbah google. Gw mencari dengan keyword "CCCK, CCK, CK, OSIS SMAN 1 Bogor" yang pada akhirnya membawa gw pada sebuah blog yang super duper lengkap ngebahas masalah itu. Tapi saat itu, gw gak tau siapa pemilik blog itu. Dan kebetulan, memang tingkat kefudulan gw belum terlalu tinggi yang menyebabkan gw juga tidak berminat untuk mencari tahu.

Seiring berjalannya waktu (duileeh), pada akhirnya gw benar-benar merasakan fase-fase yang tertulis di blog itu. Sampai pada akhirnya gw berkenalan dengan seorang teteh yang bernama Shanti Nurfianti Andin yang biasa dipanggil T'Cune :D Gw gak tau persisnya kapan gw mengenal beliau. Tapi yang gw tau, gw ngefans sama beliau pada pendengaran pertama. Nah loh? Gak tau kenapa, gw seneng aja ama cara beliau berbicara dan apa yang beliau katakan. Pokoknya, first impress gw ama beliau dulu adalah : kalau beliau ngomong gw cuma bisa ngangguk-ngangguk doank (dan itu terjadi sampai sekarang :P). Dan di kemudian hari gw akhirnya pun tahu bahwa blog yang gw baca saat itu adalah blognya T'Cune :)

Pada suatu hari, gw lupa siapa yang memulai, gw YMan ama T'Cune. Gw bilang gw seneng baca blognya T'Cune. Walaupun gw gak kenal dekat dengan T'Cune dan gw gak tau siapa orang-orang yang dibicarakan dalam blog itu, sekali lagi, gak tau kenapa gw seneng aja baca tulisannya. I love her style in writting :D Pas gw bilang gitu, masa T'Cune bilang, "Jadi malu deh". Di otak gw, "Lah gw seneng baca tulisannya, kenapa si teteh jadi malu?". Sampai akhirnya gw tahu kenapa teteh gw yang satu ini berkata begitu karena sekarang kalau gw juga digituin (dibilang, "Tuti gw seneng deh baca tulisan lw") gw juga jadi malu, hahaha :P (edaan, gak penting abis lw Tuth! Hahaha).

Di penghujung YM-an, T'Cune bertanya (sekaligus merekomendasikan) kenapa gw gak buat blog aja. Buat blog? Wow. Jujur saat itu gw amat sangat buta dengan dunia blogging. Dan menulis? Gw suka sih nulis. Tapi hanya coret-coretan gak penting dan gak beraturan yang bertebaran di sudut-sudut buku cetak dan buku pelajaran gw. Paling ada sih satu tulisan gw yang gw anggap niat tapi kalau gw baca ulang saat ini gw bisa ketawa sampe guling-guling (lebay? emang :P). Gw pernah membuat suatu novel nonfiksi tentang perjalanan gw mengagumi seseorang. Gimana gilanya seorang anak SMP yang bahasa kerennya "ngecengein" orang, yang tadinya gak kenal sama sekali, suka merhatiin dari jauh, mulai dikenalin temen, saling sapa, ngucapin ulang tahun, sampe begitu girangnya karena bisa tosan waktu halal bihalal. Hahaha. Serius deh gw bisa guling-guling kalau baca tulisan gw yang satu itu. Selain karena alur ceritanya anak SMP banget, tulisan gw juga bener-bener 94H0eLz banget. Hahaha. Gw nulis nama gw sendiri aja jadi : NiEsZa. Gaul gak tuh gw? hahaha :P Tulisan itu masih ngegantung dan belum selesai karena terbentur kesibukan kelas 3 yang udah mau UAN waktu itu yang saat ini gw titipkan di salah satu sahabat gw. Tapi tahukah kawan? Tulisan itu pada akhirnya benar-benar diselesaikan oleh-Nya dengan cerita yang jauh lebih seru dari yang gw bayangkan :)

Kembali ke topik. Gw sempet mikir dua kali buat bikin blog atau enggak. Sampai akhirnya gw tertarik dengan kata-kata T'Cune, "Siapa tau tulisan Tuti bisa bermanfaat buat orang yang baca", yang membuat gw mantap untuk membuat blog hari itu juga. Berbekal petujuk dari T'Cune untuk membuat blog di blogspot, akhirnya gw resmi membuat blog dengan judul 'Cerita Hari Ini' dengan layout ayam yang sedang berkokok di saat matahari terbit. Yap. Sesederhana itu. Hanya berharap bisa bermanfaat untuk orang lain :)

*Big thanks for you, tetehku :D

Memulai menulis. Dan saat itu keinginan gw menulis hanya jika gw memiliki momen-momen tertentu. Mulai menemukan sensasi yang berbeda dari kata menulis. Sampai akhirnya, datanglah teguran pertama. Dari sahabat gw, Rj.

Waktu itu gw nulis tentang freaknya gw dan Icha, lebih tepatnya sih kekonyolan gw, waktu ngurus persuratan untuk sponsorship SMANSA DAY.
Rj : Tuth, gw baca blog lw yang terbaru. Kalau boleh jujur ya Tuth, kata guru SMP gw, kalau kita punya kekurangan jangan terlalu dipublikasikan ke orang lain. Cukup kita aja yang tau.
Emang sih, saat itu postingan gw emang rada-rada vulgar menunjukkan betapa konyol dan cerobohnya gw yang gak banget. Tapi saat itu spontan gw mengeluarkan apa yang ada dipikiran gw ke Rj.
Gw : J, lw tau gak? Kalau gw nulis postingan yang seneng-seneng, gw berharapnya orang yang baca juga bisa ikut seneng sama gw waktu baca postingan itu. Tapi kalau gw nulis postingan tentang kekurangan gw, kegagalan gw, kecerobohan gw, termasuk postingan yang lw baca itu, gw berharapnya orang yang baca kalau ada di posisi gw bisa belajar dan gak perlu ngerasain dan ngulangin kegagalan dan kecerobohan yang sama.
Seneng banget dapet kritikan pertama dari Rj. Tandanya ada yang aware sama gw. Thanks my bestbuddy :D

Dan seiring bumi yang terus berputar, siang yang terus berganti malam, ayah yang selalu pergi ke kantor, ibu yang selalu memasak di dapur, kijang yang berlarian di halaman istana, selot yang tak pernah hibernasi kecuali saat Ramadhan, SMANSA yang sibuk dengan ISO nya, dan Bunda yang terus meng-improve menu masakannya, terlepas dari tujuan awal gw membuat blog sudah tercapai atau belum, kalimat "semoga bisa bermanfaat untuk orang lain" pun mulai menunjukkan percabangannya.

Selanjutnya, mari sebut blog gw di postingan ini dengan julukan ayam (tribute to ayam yang dengan setia selalu bertengger di blog ini).

Ayam ini pendengar terbaik gw.
Gw pernah bilang sesuatu ke Nisop beberapa hari yang lalu.
Sop, lw setuju gak? Sedekat-dekatanya gw dengan lw, sedekat-dekatnya gw dengan Ujhee, pasti ada suatu hal yang gw rasa cukup gw sendiri aja yang tau?
Dan Nisop pun meng-iya-kan.

Tapi kalimat itu gak berlaku dengan gw dan ayam ini. Setiap gw seneng, pasti gw laporan sama si ayam. Kalau gw kesel pasti gw ngadu sama si ayam. Secara tersirat atau tersurat. Secara baik-baik atau brutal. Dengan bahasa yang baik dan benar atau bahasa seenak jidat. Orang (apa ya nyebutnya? masalahnya khan si ayam bukan orang?) yang pertama kali tahu kabar ter-up-to-date tentang gw pasti si ayam.  Dan si ayam juga pasrah-pasarah aja lagi setiap gw manfaatkan.

Dan pada akhirnya gw menemukan fakta terbaru tentang ikatan emosional antara gw dan ayam ini. Gw gak pernah bisa bohong sama si ayam. Gak pernah. Gak pernah bisa gak jujur tentang apa yang gw rasain dan pikirin sama si ayam. Gak pernah bisa membuat pengaduan yang dibuat-buat dan gak dari hati ke si ayam. Gw lebih memilih gak ngadu kalau gw gak bisa jujur sama si ayam.

Dan kalau pada malam harinya ada yang baca pengaduan gw ke si ayam terlihat ada tanda-tanda yang kurang baik dan  kurang mengenakan, tapi besok paginya gw terlihat biasa-biasa saja tanpa kurang suatu apapun. Itu keajaiban si ayam yang lain. Di waktu-waktu tertentu, hanya dengan mengadu ke si ayam urusan gw seolah selesai. Seolah tidak terjadi apa-apa dan tak perlu ada yang dipikirkan dan diselesaikan.

Ayam ini menjaga gw.
Ya. Menjaga mood gw. Menjaga semangat gw. Dan menjaga hati gw. Berhubung gw memang gak pernah bisa bohong sama si ayam, kalau gw lagi gak waras pun gw pasti ngadu ke si ayam. Dan biasanya, tulisan gw yang agak gak waras mengundang komentar, kritik, dan pemberian semangat oleh orang lain. Dan hal itulah hal yang selalu menjaga gw :) Terima kasih ya. Terima kasih untuk siapapun yang sering meninggalkan komentar, kritik, dan semangat, baik yang bernama atau tidak, baik yang baik-baik atau secara frontal, dan baik yang dengan senyuman atau tidak. Terima kasih juga. Untuk siapapun disana yang sering bolak-balik ke blog ini, secara sengaja atau tidak, yang malas meninggalkan jejak atau sengaja tak meninggalkan jejak, yang tak memberikan komentar, kritik, atau semangat, tapi mendoakan gw semoga gw selalu baik-baik saja. Yap. Karena gw merasakan energi dari doa diam-diam itu :P (hahahahaha, edaaaaaaaaaaaan, pedenya keterlaluan! :D) Dan satu lagi, terima kasih, untuk orang yang jarang meinggalkan jejak, tapi selalu bertanya "Tuti kenapa?" kalau tulisan gw mulai aneh-aneh. Yes, it's YOU! Annisa Sophia :)

Iya. Gw gak mau berhenti menulis. Karena gw gak pernah mau berhenti dijaga.

Ayam ini mengingatkan siapa gw.
Kalau gw mulai bingung dengan apa yang gw rasakan, pikirkan, dan inginkan, kalau dalam bahasa lagu disebut kehilangan arah, atau yang dalam bahasa yang lagi ngetrend sekarang disebut galau, gw biasanya juga ketemuan sama si ayam. Bukan buat ngadu. Bukan buat bercerita. Biasanya gw ngeliat tulisan-tulisan gw di masa lampau. Ngeliat semangat-semangat, mimpi-mimpi, pencapaian, dan evaluasi diri yang pernah gw rekam. Dan pada akhirnya rekaman-rekaman itu gw pinjam sementara untuk gw putar ulang yang sukses mengingatkan siapa gw :)

Ayam ini pengobat rindu gw.
Mengutip dari salah satu notes seorang teteh yang gw kenal tapi gw gak pernah ketemu orangnya tapi gw pengen banget ketemu orangnya tapi gak pernah kesampean (riweuh ge, Tuth!), tentang hidup itu memang harus maju, tapi kalau bisa menjadikan masa lalu menjadi energi untuk maju lebih cepat, kenapa enggak?

Dan itu yang gw coba lakukan pada si ayam. Yap. Si ayam jadi pembangkit romantisme masa lalu gw dengan orang-orang yang gw sayang. Kalau gw kangen sama seseorang, entah siapapun itu, biasanya gw baca ulang kejadian yang pernah gw alami sama dia. Kata-kata yang pernah dia bilang ke gw dan sebaliknya, kegilaan-kegilaan yang pernah kita lakukan bareng. Dan hal itu sukses jadi pengobat yang manjur untuk gw. Dan urusan pun selesai. Setidaknya, semenjak gw punya blog, gw gak pernah tuh kangen sama orang sampe nangis-nangis sesenggukan. Soalnya dulu gw pernah loh kayak gitu. Serius. Jaman-jaman SMP! Hahahahaii :D

Jadi, untuk siapapun orang yang pernah atau sering gw bicarakan dengan si ayam, maap-maap ya kalau ada kata-kata dan pemikiran yang berkenan. Mohon diingatkan, dikomentari, atau dievaluasi ya kalau pembicaraan gw dan ayam sudah diluar batas wajar untuk dipublikasikan. Karena kelak tulisan-tulisan itulah yang mungkin akan jadi pembangkit romantisme masa lalu gw dengan orang-orang yang gw sayang yang kemudian akan dikonversi menjadi sebuah energi untuk gw :)

Ayam ini penyambung tali silaturahmi gw.
Dengan orang-orang yang masih sering atau sudah jarang gw temui, yang gw kenal dekat ataupun tidak, yang sependapat dengan gw atau bertentangan, yang seneng berkunjung ke blog gw atau yang sudah muak baca tulisan gw. Terima kasih ayam :)

Bersamaan dengan percabangan yang semakin menjalar itu, saat ini gw berduaan sama si ayam gak cuma di momen-momen tertentu. Alhamdulilah dan Astagfirullah nya akhir-akhir ni gw lebih mengandalkan saraf refleks gw untuk bercengkrama dengan si ayam.

Dan beberapa hari yang lalu, ada insiden kecil yang cukup jadi pukulan telak buat gw. Setajam-tajamnya kritikan yang pernah diberikan, sepedas-pedasnya komentar yang pernah dilontarkan, baru kali ini ada 'teguran' yang mampu membuat gw memutuskan untuk mem-private blog gw ini. Baru kali ini gw merasa 'menyesal' karena pernah menulis sebuah postingan.

Jujur, waktu gw merubah settingan blog ini menjadi "hanya pembaca yang diundang"  yang bisa baca, sedih ge gw. Sedihnya gw udah kayak dipegatin sama orang (padahal gw gak tau rasanaya dipegatin sama orang tuh kayak gimana :P). Walaupun gw gak tau persisnya sebelah mana dari dampak pem-private-an si ayam yang membuat gw sedih, tapi asli, gw sedih banget :'(

Yaa, mungkin memang lebih baik gw private dulu si ayam untuk sementara waktu. Sekalian mengevaluasi segala ikatan emosional antara gw dan ayam yang mungkin sudah mulai berlebihan.

Berhenti menulis? Gw angkat tangan deh kalau disuruh yang satu ini. Gw gak bisa. Yang pasti, dapet pelajaran dari Radith (satu-satunya artis yang pernah gw mimpiin) bahwa gw gak pernah ada yang salah dengan menulis. 

Mungkin memang bukan percabangannya yang harus dipangkas secara signifikan, tapi mungkin pertumbuhannya yang lebih baik dibatasi.

Yam, maaf ya yam. Sementara waktu gw kandangin dulu.

0 komentar: