Senin, 12 Januari 2015

Lebih Ringan

10 Januari 2015
15.12 WIB

Biasanya, orang yang naik gunung untuk kedua kalinya tahu bahwa posisi badan dan kaki saat turun gunung lebaih baik menyamping. Karena saat pertama kali naik gunung, pernah merasakan bahwa resiko sakit saat jatuh dengan posisi badan dan kaki menghadap ke depan saat turun lebih besar.

Itu yang bisa kita sebut pengalamn mengajarkan banyak hal.

Terus lagi kepikiran sesuatu. Beberapa kali gw dikasih sedih karena satu masalah, tiba tiba beberapa hri, minggu, bulan, kemudian, ada orang yang bercerita kepada gw dengan masalah yang persis sama. Terus rasanya bisa ngehadepin ceritanya dengan lebih ringan. Bisa mendengarkannya kebih lapang karena gw pernah ada di posisi itu. Tau persis rasaya. Dan pernah berhasil melewatinya.

Lalu kemudian jadi mikir. Ngerasa dapet bahan bakar untuk gak berlarut larut kalau besok besok dikasih sedih karena masalah. Jangan jangan, beberapa waktu kemudian ada orang yang bercerita tentang masalah yang persis sama dengan kesedihan itu. Dan semua sedih gw, dikasih biar gw bisa bantu orang ngehadepinnya dengan lebih ringan.

0 komentar: