Kamis, 01 Januari 2015

Krisis Akhir Tahun

Beberapa hari lalu gw menemukan fakta bahwa beberapa orang terdekat gw sedang mengkhawatirkan gw. Hanya saja karena tidak enak, khawatir menyinggung perasaan gw, kekhawatiran itu tidak pernah disampaikan. Disimpan baik baik sampai akhirnya mungkin gemas dengan gw jadinya keluar juga. Mereka mengkhawatirkan gw tentang... jodoh. 
“Teteh, kita tuh pernah ngomongin Teteh. Teteh kapan ya akan ketemu jodohnya.  Masalahnya Teteh tuh dominan, apa apa bisa dikerjain sendiri, independen, cowok kayak gimana coba yang bisa ngehadepin Teteh” 
“Gw penasaran, Tut. Lu akan ketemunya sama cowok yang kayak gimana ya, Tut?”
“Aslinya sih gw berpikiran sama, Tut, cuman gak enak ngungkapinnya aja, haha”

Sebenernya hal ini bisa aja kalau mau dibawa biasa. Tapi kenapa momennya pas ya. Di saat gw ngerasa urusan ini sudah terlalu roller coaster buat gw, dan gw memutuskan mengesampingkan urusan ini, hal hal yang tiba tiba muncul ini lumayan jadi sumbu. Lumayan bikin kepikiran.

Semua rasa sedih di masa lalu tiba tiba muncul. Pikiran pikiran negatif menyebalkan tiba tiba datang. Konyol sekali gw berpikir bahwa jangan jangan memang tidak ada laki laki yang bisa menerima perempuan yang berkepribadian seperti gw? Apa iya gw tidak akan mendapatkan jodoh dengan pribadi  seperti gw? Akan sangat sedih sekali kalau gw harus berubah menjadi orang lain demi mendapatkan jodoh.

Tapi Allah selalu Maha Adil kok. Di saat gw belum menemukan siapa jodoh gw, Allah memberikan teman teman terbaik dengan pemahaman yang baik.

Semua pikiran konyol itu menekan tanpa ampun. Mendesak kantung kantung mata yang akhirnya tumpah tidak karuan. Gw pun mengadu kepada mereka, yang belakangan jadi orang-orang nomor satu yang paling tau kabar gw.

Tidak, tidak.  Mereka tidak memberikan nasihat nasihat  menenangkan saat gw bercerita. Mereka juga tidak melarang gw untuk menangis saat gw pamit dari percakapan karena tidak kuat bercerita. Yang mereka lakukan adalah diam dan mendengarkan. Memberikan kesempatan gw untuk menangis. Sambil melanjutkan percakapan yang membuat muka gw sungguh jelek karena menangis sambil tertawa. 
“Bentar dulu ya gw. Hehehe. Lagi nangis dulu. Jelek banget nih mukanya” 
“At ease!”
“.....”
“Lagi ujan kok Tut jadi nangis juga ga ketauan”
“Hahaha... ampaass”
“Lo sering?”
“Gue banget”
“Menangis di dalam guyuran”
“Shower”
“Kalau gw dipinggir sumur atau kran wudhu biar sekalian buang ingus” 

Hahaha. Sampah.

Mereka tau bagaimana cara membuat kesedihan temannya ini tak perlu terlalu berlarut. Mereka tahu bahwa gw hanya butuh bercerita, dan tahu persis gw akan segera merangkai pemahaman gw sendiri.

Hari setelah malam itu gw lebih banyak diam. Berpikir. Membuat pemahaman terbaik yang bisa gw rangkai dalam urusan ini. Pada akhirnya, urusan ini selalu sederhana. Bahwa sudah berabad abad lalu obat dari semua masalah ada dalam kalimat-Nya. Tentang percaya semua janji-Nya. 
“Btw, btw, mau laporan boleh gak? Alhamdulilah yang kemarin sempet buat gw nangis ituu... gw udah tau counter attacknya kalau pikirannya muncul lagi gimana. Kalau gw... gak boleh berhenti percaya kan? Kalau perempuan baik dapetnya laki laki baik. Jadi... harus usaha jadi permpuan baik dulu. Biar dapet jodohnya baik. Tul gak? Masalah sama siapa dan di mana juga kapan, gw serahin ke Allah aja boleh gak? Makasih loh udah bikin gw ketawa di tengah nangis. Jadi bapernya gak kelamaan, hehehe”

Krisis akhir tahun berhasil dilewati. Hari ini hari pertama 2015.  Semoga besok besok, ketika semua sedih dan masalah datang lagi, gw gak akan pernah berhenti percaya. Tentu saja percaya pada semua janji-Nya. Tentang bersama kesulitan ada kemudahan. Bahwa selalu ada janji kehidupan yang lebih baik, selama gw percaya.

Terima kasih untuk 2014 nya, Ya Allah. Terima kasih untuk teman teman terbaiknya :)

1 komentar:

hening mengatakan...

tuti sayang.. baru mampir ke blog tuti lagi trs pgn komen di postingan ini..hehe. aku jg pernah berpikir hal yang sama dan sempat sedih krn itu. but it's gone now.. alhamdulillah :D betul banget obatnya adl percaya & fokus sama Allah. oia ini salah satu tulisan yang membantu http://www.virtualmosque.com/personaldvlpt/overcoming-hardships/hook-up-with-allah-allah-will-hook-you-up/ smg bermanfaat :)