Jumat, 15 Oktober 2010

Canggih

14 Oktober 2010

Gawat. Sepertinya akhir-akhir ini gw mulai dengan mudahnya menciptakan masalah untuk diri gw sendiri. Mood gw lagi gampang rusak dengan hal-hal yang sebenernya gak banget untuk membuat sebuah mood rusak dengan mudahnya. Memutuskan untuk tidak memperpanjang mood yang gak banget ini, (karena pengalaman mengajarkan bahwa orang yang moodnya rusak atau lagi labil gampang dimasuki banyak hal, termasuk setan!), gw memutuskan untuk mencari pelarian. Berselancar di dunia maya :D

Hehehe. Dasar nasib. Kayaknya emang gw gak boleh jadi orang yang moody-an. Belum sempat nyari pelarian dengan blog walking, ngaskus, fb-an, browsing info beasiswa, gw udah dihadang sama 3 keluarga gw yang imut-imut di YM.

Orang pertama tiba-tiba nodong gw dengan cerita-cerita dan curhatannya di kampus yang 'woow' abis yang bikin gw malu sendiri dengernya. Gimana gak malu? Dia sih bad mood alasannya wajar. Nah gw? Gak penting abis. Hahaha. Tapi tengkyu ya kabid 7 gw yang canggih abis :D Setidaknya gw belajar satu hal lagi dari cerita lw. Jangan pernah membandingkan keluarga kecil itu dengan yang ada di luar sana. Karena mungkin memang gak akan pernah ada yang sama lagi seperti sebelumnya :)

Orang kedua tiba-tiba nanyain masalah masa depan gw. Wew. Dahsyat juga nih pertanyaanya. Gw jelaskanlah planning gw ke depan. Melihat jawaban-jawaban dan cara bicara gw yang gak seperti biasa (emang lagi gak biasa), sepertinya dia engeh gw lagi gak beres. Dan berhubung partner gw yang satu ini  sepertinya lagi agak  gak beres juga, hehehe :P, akhirnya? Jadilah ini orang meladeni segala ceracauan gw yang gak waras di YM. Hahaha. Tengkyu ya bang! Emang paling canggih caranya ngehadepin gw yang ngeselin kalau lagi kena gangguan mood :D

Orang ketiga nodong gw buat nyeritain pengumuman KPH tadi gimana. Jujurlah gw kepadanya bahwa gw lagi males nyeritain karena mood gw gak beres. Dia maksa nanya gw kenapa. Alhasil :
........................................
Ditho  :Lu kenapa sih tut?
Gw : Gak kenapa-kenapa kok, cuma baru sadar aja kalau ternyata belum dapet kuliah itu sesuatu yang 'gak banget' ya tho?
Ditho : Apa-apaan sih lu tiba-tiba ngomongnya kayak gitu?
Gw : Ngerasa habis 'ditegur' aja tadi.
Ditho : Ditegur sama siapa?
Gw : Ada lah pokonya, salah satu adik gw. Lagian gw tau itu sebenernya amat sangat bercanda. Cuma bikin gw mikir aja, Tho. Apa iya gw gak pantes ya ke smansa  lagi dengan keadaan kayak gini. Keadaan dimana gw belum bisa bawa nama smansa ke satupun universitas di tahun pertama gw. Apa gw gak usah ke  smansa lagi dulu aja ya saking gak pantesnya gw?
Ditho : Lw apa-apaan sih ngomong jadi kayak gitu, Tuth! Tuth, terserah deh anak smansa mau ngomong apa sekarang. Kita emang alumni smansa khan sekarang. Tapi apapun sekarang kita dibawa asik aja lah, Tuth. Gak peduli anak smansa mau ngomong apa. Itu gak akan mengubah motivasi  buat ngejar cita-cita lu sekarang.
Gw : Andai gw punya pemikiran sesederhana itu, Tho.
Ditho : Ini bukan masalah pemikiran, Tuth! Tapi masalah gimana lu ngasih judul untuk setiap hal yang lu hadepin.
Gw : Tapi tho, kalau udah keseringan ngasih judul positif, sekalinya harus ngasih judul yang positif lagi kadang-kadang susah tho! Susah banget!
Ditho : (diem)
Dan Ditho bener-bener gak bales YM dari gw. Gw yang tadinya bad mood malah sekarang gw yang gak enak gara-gara ngomelin Ditho yang bermaksud baik untuk mewaraskan otak gw. Gw minta maaf berkali-kali dan gak dibales. Sampai akhirnya gw mau off dan dia nge-chat gw :
Ditho : I'll be here for you, hehehe..
Emang bener-bener nih orang. Canggih ge sengaja nge-diemin gw karena tau gw kalau udah kayak gini udah gak bisa dinasehatin. Hahahaha :D Tengkyu Tho!

Subhanallah. Gw punya keluarga yang canggih-canggih. Setidaknya canggih untuk menghadapai orang kayak gw yang bisa ngeselin dan nyebelin banget  kalau udah gak waras. Walaupun sekarang gw Long Distance Relationship sama mereka (hahaha, lw kira pacaran Tuth? :D), tapi gw selalu ngerasa mereka ada di mana-mana dan selalu bisa datang kapan saja tanpa gw duga. Karena  itulah, kalau gw boleh jujur, gw gak terlalu kangen ama mereka. Hahaha. Alhamdulilah.

Ngomong-ngomong soal canggih, mau tau apa yang paling canggih hari ini?

Canggih yang pertama. Orang boleh ngejatuhin mental gw lagi berkali-kali, entah lewat kata-kata, tatapan meremehkan, atau kalimat-kalimat merendahkan. Silahkan. I don't care at all now. Tapi maaf. Apapun itu, tapi gak akan pernah ada yang bisa ngerebut keinginan gw untuk mengejar ketertinggalan gw dari keluarga kecil gw! Gak akan!

Canggih yang kedua. Riset membuktikan jangan mudah menciptakan masalah untuk diri sendiri. Menciptakan masalah? Iya. Sebagian besar masalah terkadang bukan dari faktor luar. Tapi dari setiap individunya masing-masing yang tanpa sadar telah menciptakannya. Entah karena gak bisa lebih sabar, gak bisa lebih ikhlas, gak bisa positif thingking, gak bisa melihat suatu hal dari sudut pandang yang lebih luas,  gak bisa berjuang lebih, gak bisa mengubah keadaan, atau karena gak bisa gak bisa lainnya. Karena orang yang tertekan, labil, dan bad mood, mudah dimasukin banyak hal. Mulai dari pikiran sampai ke hatinya. Tapi canggih yang satu ini terserah boleh percaya atau enggak karena pusat risetnya memang tidak begitu akurat : pengalaman gw pribadi! :D

Canggih yang ketiga. Ini hal yang paling canggih yang gw dapatkan hari ini.  Yaitu kata-kata Pak Tohar :
Pak Tohar : Tuti. Kok kamu tambah cantik sih sekarang? (dengan wajah tulus setulus-tulusnya)
Hahahahahaha! Subhanallah. Lose control abis gw dibilang gitu ama Pak Tohar . Secara kapan coba Pak Tohar ngegombal? Hahahaha. Semoga rezekinya dimudahkan ya, Pak :D

Dan orang-orang canggih itu pun sukses menekan kerja reptilian brain gw yang nyaris memerintahkan gw untuk melakukan tindakan yang jauh dari kata canggih.
"Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: 'Kami telah beriman', sedang mereka tidak diuji lagi?" (Al Ankabut : 2)

3 komentar:

Anonim mengatakan...

"Tapi dari setiap individunya masing-masing yang tanpa sadar telah menciptakannya"

dan dari individu tersebut juga yang secara sadar harus mencari solusinya. pragmatis? lupain aja ekspektasi negatif tersebut yang malah mnciptakan masalah :D

lg SON !!

.bulanbiru. mengatakan...

: )

*senyum aja ah*

hhe, tetep semangat yaa Tuti... lama nih nggak ktemu2 Tuti lagi ^^

Annisa Dwi Astuti mengatakan...

@anonim : yap. better to forget it than remind it as a problem. untuk ke-sekian kali nya, thanks :)

@t'bulanbiru : nuhun teh :)